1. Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Strategi & Manfaatnya

Anda sedang mencari tahu apa itu digital marketing? Digital marketing adalah sebuah istilah yang sering diungkapkan dalam dunia pemasaran. Ketika menonton video dari Youtube, Anda pasti sering menemukan iklan di dalamnya. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari digital marketing.

Bagi yang baru pertama kali mendengar istilah apa itu digital marketing dan penasaran dengan pembahasannya, mari simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Digital Marketing?

apa itu digital marketing
Apa Itu Digital Marketing? (sumber: Unsplash)

Pengertian digital marketing adalah salah satu usaha dalam mempromosikan produk atau layanan dengan menggunakan platform online dan jaringan internet. Misalnya: situs web, Instagram, WhatsApp, dan sebagainya.

Tujuan utama digital marketing adalah memikat calon customer terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan demikian, digital marketing menjadi sarana terbaik untuk meningkatkan brand awareness serta penjualan.

Namun, beberapa pengusaha masih bingung dalam memulai digital marketing. Hal ini karena ada begitu banyak media yang bisa digunakan untuk memulai strategi ini serta butuh pendekatan berbeda. Apabila salah dalam memilih strategi, promosi digital pun bisa saja gagal.

Jenis Digital Marketing

apa itu digital marketing
Jenis Digital Marketing (sumber: Unsplash)

Setelah memahami penjelasan sebelumnya mengenai apa itu digital marketing, saat ini Teknohacks akan membahas tentang jenis digital marketing.

1. Social Media Marketing

Apa itu digital marketing jenis social media? Social media adalah sebuah platform online yang bisa digunakan secara gratis atau berbayar. Ada tiga platform yang sering digunakan untuk social media marketing, yaitu Facebook, TikTok, dan Instagram. Di Indonesia, banyak pengguna aktif sosial media, mulai dari remaja hingga orang tua. Artinya, pangsa pasar yang bisa dijangkau semakin luas.

Di sisi lain, terdapat 5 alasan yang mengharuskan pengusaha menggunakan sosial media.

  1. Hemat biaya pengeluaran.
  2. Sangat efektif serta efisien.
  3. Mampu membangun brand awareness.
  4. Memperluas jangkauan.
  5. Memudahkan komunikasi dengan calon customer.

Pelajarilah strategi social media marketing agar bisa bisa meningkatkan penjualan serta mampu bersaing dengan kompetitor.

2. Search Engine Marketing

Berikutnya, apa itu digital marketing jenis search engine? Search engine marketing adalah salah satu cara mengiklankan situs web di halaman pencarian Google. Dengan strategi ini, website bisa berada di posisi teratas search engine. Selain itu, strategi ini biasanya berbayar  karena menggunakan tools khusus seperti Google Ads untuk dapat mempermudah pelaku bisnis dalam melakukan pemasaran.

Berikut 3 keuntungan SEM:

  1. Bisa menentukan pangsa pasar secara detail.
  2. Mampu meningkatkan traffic dan conversion rate.
  3. Hasil yang didapatkan lebih cepat dibandingkan search engine optimization.

Pelajarilah strategi ini. Sebab, ini tidak gratis sehingga butuh keahlian khusus dalam menggunakannya agar biaya pengeluaran tetap stabil.

3. Video Marketing

Apa itu digital marketing jenis video? Video marketing adalah salah satu media digital marketing yang bisa diputar di berbagai platform online, seperti sosial media, situs web, dan Youtube. Penikmat video di media online semakin meningkat serta dapat meningkatkan efektivitas video marketing. Sementara itu, keyword yang relevan bisa diletakkan pada judul dan deskripsi video sebagai salah satu strategi search engine optimization (SEO).

Berikut 4 keuntungan video marketing:

  1. Memudahkan konsumen dalam memahami produk.
  2. Mampu meningkatkan penjualan.
  3. Sangat mudah dibagikan kepada audiens.
  4. Mampu meningkatkan loyalitas konsumen. 

4. Customer Relationship Management (CRM)

Apa itu digital marketing jenis customer relationship management? CRM merupakan bagian dari digital marketing yang sering digunakan di email. Jenis ini juga biasa disebut sebagai email marketing.

CRM sering digunakan ketika perusahaan sedang melakukan kampanye. Kemudian, perusahaan akan mengirimkan notifikasi melalui email. Cara ini dinilai lebih baik untuk menjaga loyalitas konsumen.

5. Online Advertising

Selanjutnya, apa itu digital marketing jenis online advertising? Online ads merupakan sebuah upaya pemasaran yang dilakukan secara online untuk menyampaikan promosi kepada audiens. Umumnya, online advertising sering ditemukan di samping kanan atau kiri pada suatu situs web portal berita.

6. Website

Terakhir, apa itu digital marketing jenis website? Website merupakan bagian terpenting dalam membangun brand awareness secara online. Strategi ini mampu membangun kredibilitas perusahaan. Sebab, bagi konsumen, website sebagai pusat informasi yang lebih update dibandingkan media lain.

Terdapat 3 alasan mengapa setiap usaha wajib menggunakan website.

  1. Mudah ditemukan calon customer.
  2. Bisa menentukan konten yang sesuai.
  3. Selalu online.

Di sisi lain, situs web juga bisa digunakan sebagai media untuk tim sales dalam meyakinkan calon customer terkait produk atau jasa yang ditawarkan.

Strategi Digital Marketing

strategi digital marketing
Strategi Digital Marketing (sumber: Unsplash)

Ada 7 strategi digital marketing yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan.

1. Content Marketing

Sebenarnya, apa itu digital marketing yang menekankan strategi pada konten? Content marketing adalah sebuah upaya dalam mendistribusikan konten yang bisa mendatangkan calon konsumen. Strategi ini bisa diterapkan dalam berbagai macam bentuk, seperti blog, ebook, email marketing, video marketing dan sosial media marketing. Yang terpenting adalah setiap konten dapat memudahkan pemilik bisnis untuk mencapai tujuan dalam jangka panjang.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh search engine dalam mengoptimasi konten agar muncul di halaman teratas Google. Sementara itu, SEO dapat membantu website dalam meningkatkan traffic.

Untuk meningkatkan traffic website, pelajarilah search engine optimization berdasarkan jenis jenisnya.

  1. On page adalah suatu cara optimasi yang berfokus pada konten website.
  2. Off page adalah cara mendapatkan backlink dari web lain.

Perlu diingat bahwa algoritma Google selalu berubah. Dengan demikian, optimasi pun harus menyesuaikan dengan update terbaru.

3. Pay-Per-Klik (PPC)

Pay per klik adalah metode marketing yang hanya perlu dibayar jika audiens mengklik iklan. Platform yang sering digunakan adalah Google ads, Youtube ads dan Instagram Ads. Selain itu, strategi ini sangat cocok untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat.

4. Native Advertising

Native advertising adalah konten berbayar yang tersedia di media tertentu. Strategi yang satu ini sudah digunakan beberapa perusahaan besar, seperti Netflix serta Berrybenka. Alasannya adalah memperluas target pasar dan meningkatkan conversion rate. Iklan seperti ini dapat memikat perhatian audiens.

5. Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran adalah penggunaan software yang berfungsi untuk mengotomatiskan berbagai aktivitas pemasaran. Dengan perangkat lunak otomatisasi pemasaran, suatu bisnis mampu menyederhanakan, mengotomatiskan, dan mengukur ROI. Sehingga, pemasaran yang sudah dilakukan menjadi lebih efisien.

6. Social Media Marketing

Social media marketing mampu memberikan dampak positif bagi sebuah bisnis. Dengan hadirnya strategi ini, dapat memikat dan menjangkau calon konsumen.

Untuk meningkatkan SMM, terdapat 3 strategi yang bisa diterapkan.

  1. Setiap konten yang dibuat harus memiliki tujuan agar strategi yang digunakan semakin efektif.
  2. Perhatikanlah tujuan tersebut agar mampu mengatasi tantangan.
  3. Selidikilah social media marketing yang digunakan kompetitor.

7. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah sistem dalam bisnis dengan membayar jasa seseorang ketika orang tersebut berhasil menjual produk melalui link yang sudah ditentukan.

Terdapat 3 keuntungan affiliate marketing:

  1. Mampu menghemat biaya pengeluaran.
  2. Sangat minim risiko.
  3. Menjangkau target pasar lebih banyak.

Manfaat & Kelebihan Digital Marketing

manfaat digital marketing
Manfaat & Kelebihan Digital Marketing (sumber: Unsplash)

Setelah mengetahui dan memahami strateginya, selanjutnya Teknohacks akan membahas 4 manfaat digital marketing.

  • Semua jenis bisnis sangat cocok dan fleksibel jika menggunakan digital marketing.
  • Dapat menjangkau audiens secara personal.
  • Keberhasilan strategi marketing sangat mudah diukur.
  • Meningkatkan conversion rate.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Digital Marketing

Digital marketing memberikan banyak kemudahan. Namun, Anda juga tetap harus memperhatikan tantangan yang ada di dalamnya, seperti investasi waktu, waktu untuk pelatihan dan regulasi privacy.

Bukan hanya itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui 4 hal berikut sebelum memulai digital marketing.

  1. Siapkanlah alat yang digunakan untuk memulai pemasaran, seperti website, sosial media, artikel dan sebagainya. Alat atau media ini sangat berperan penting dalam memulai digital marketing.
  2. Buatlah konten yang menarik agar memikat perhatian audiens. Konten tersebut berupa foto, video atau caption. Tentukanlah tujuan serta target pasarnya agar sesuai dengan konten yang dibuat.
  3. Upload dan lakukan evaluasi terhadap konten yang telah diunggah. Tentukan konten yang memberikan feedback dan fokuslah.
  4. Bergabung ke dalam komunitas atau forum untuk meningkatkan brand awareness.

Baca juga : Pengertian, Teknik, & Manfaat Storytelling Dalam Bisnis

Itulah pembahasan tentang apa itu digital marketing. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan Anda. Jangan lewatkan juga pembahasan menarik lainnya seputar teknologi dan informasi hanya di Teknohacks.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Strategi & Manfaatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesatnya perkembangan teknologi memberikan banyak sekali kemudahan dalam tata kehidupan manusia. Nah, salah satu bentuk perkembangan teknologi yang memiliki peran vital untuk memudahkan pekerjaan adalah NOC. NOC adalah istilah yang berkaitan dengan jaringan komputer. Jika Anda merupakan calon pengguna atau penyedia layanan pusat data, maka NOC adalah istilah yang penting untuk dipahami. Oleh karena itu, […]
    WiFi 6 adalah evolusi baru dalam teknologi koneksi nirkabel yang menjanjikan peningkatan luar biasa dalam kecepatan, kapasitas, dan stabilitas. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang WiFi 6, keunggulannya, perbedaan dengan WiFi sebelumnya, implementasinya dalam kehidupan sehari-hari, serta tantangan dan masa depannya. Pengenalan tentang WiFi 6 Apa itu WiFi 6? WiFi 6, juga […]

    Trending

    Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi yang disebut STP atau Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Terdapat tiga tahapan dalam pendekatan pemasaran tersebut yaitu segmentasi, targeting, dan positioning itu sendiri. Para pebisnis tentunya perlu mengetahui konsep dari segmentasi targeting positioning agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Apa itu Segmentasi, […]
    Saat mengunjungi sebuah website, pengguna bisa melihat apakah situs yang pengguna kunjungi itu aman atau tidak dengan melihat keterangan kolom bar address pada browser. Pada bagian tersebut, bisa dilihat apakah website menggunakan protokol standar http atau https. Lalu, apa sebenarnya perbedaan http dan https? Mari simak artikel teknohacks kali ini hingga selesai! Apa itu HTTP […]
    Target audience merupakan kelompok konsumen khusus yang memiliki potensi tertinggi dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sasaran pasar atau audiens target ini harus menjadi fokus dalam kampanye periklanan Anda. Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar biasanya dapat didasarkan pada beberapa kriteria, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, socioeconomic status, […]
    Menjadi wirausahawan adalah impian bagi banyak orang. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk memahami perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Banyak yang mengira bahwa wirausaha dan kewirausahaan sebagai dua hal yang sama. Walaupun, wirausaha dan kewirausahaan adalah dua hal yang saling berkaitan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Penasaran apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Simak […]