1. Medsos

Cara Membuat Linktree di Instagram dan Whatsapp [LENGKAP]

Bagi pengguna Instagram dan WhatsApp tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Linktree. Linktree merupakan salah satu bagian penting dalam bisnis. Lalu, Bagaimana cara membuat linktree? Ternyata, untuk membuat sebuah akun linktree cukup mudah dan cepat, lho.

Berikut Teknohacks akan membahas secara lengkap tentang pengertian Linktree, manfaat menggunakan Linktree, cara membuat Linktree di Instagram, WhatsApp dan cara membuat Linktree website.

Apa Itu Linktree?

cara membuat linktree
Apa Itu Linktree? (sumber: weblogue)

Pengertian pohon tautan atau Linktree adalah sebuah tools dan layanan yang memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam membagikan berbagai tautan di sebuah halaman web khusus, seperti landing page. Perlu dipahami bahwa layanan ini memberikan akses secara gratis dan berbayar.

Untuk akun Linktree yang berbayar atau Pro memiliki kelebihan berupa fitur tambahan, seperti menggunakan template khusus dan menggunakan background video.

Dengan menggunakan Linktree, konsumen bisa membuka semua konten pengguna hanya dengan satu tautan utama saja. Biasanya, tautan Linktree terpasang pada bio akun media sosial, mulai dari Instagram, Tiktok, Youtube, Facebook dan masih banyak lagi.

Selain itu, pengguna dapat menulis tautan linktree pada profil akun chatting, seperti WhatsApp, Line, Discord, dan sebagainya. Apabila pengguna tools ini merupakan seorang penjual produk di marketplace, maka Linktree adalah salah satu wadah yang cocok untuk memberikan tautan informasi seputar pembelian produk kepada konsumen.

Kendati demikian, customer dapat menentukan tempat yang paling sesuai untuk melakukan pembelian. Untuk saat ini, platform tersebut semakin banyak peminatnya. Mulai dari UMKM, bisnis menengah hingga besar, contohnya Erigo. Selain pebisnis, terdapat beberapa perusahaan media yang menggunakan Linktree, salah satunya adalah Kumparan.

Manfaat Menggunakan Linktree

Seiring dengan berkembangnya teknologi, peminat Linktree pun semakin banyak, khususnya di dunia bisnis dan media sosial. Hadirnya Linktree, tentu memberikan manfaat bagi penggunanya. Berikut Teknohacks akan memberikan beberapa manfaat dalam menggunakan Linktree.

  1. Memberikan kemudahan kepada calon konsumen untuk mengetahui berbagai platform bisnis online yang digunakan pengguna dalam satu halaman arahan (landing page).
  2. Memudahkan konsumen atau customer dalam membuka link bisnis online milik pengguna dalam satu kali klik saja.
  3. Mampu meningkatkan lalu lintas visitor ke seluruh media penjualan online yang dikelola, baik online shop, marketplace atau bahkan media sosial.
  4. Dapat mengetahui seberapa besar potensi customer dalam melakukan klik pada tautan.
  5. Pengguna linktree dapat menganalisis efektivitas pemasaran online yang dilakukan.

Cara Membuat Linktree di Instagram

Cara Membuat Linktree di Instagram (sumber: contendr)

Sebelum memasang tautan Linktree, sebaiknya user harus mengetahui cara membuat Linktree di Instagram. Platform tersebut mengharuskan setiap penggunanya melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Hal tersebut dapat membantu pendataan dan mengecek beberapa tautan yang ingin dicantumkan dalam Linktree. Berikut 5 cara membuat Linktree di Instagram.

1. Buat Akun Linktree

Pertama, buatlah akun melalui website resminya di sini. Pada halaman Linktree, pilih button Get Started For Free sebagai langkah awal dalam membuat akun.

Selanjutnya, pengguna akan diarahkan secara otomatis untuk mengisi data secara lengkap seputar akun Linktree, misalnya username, email dan kata sandi. Buatlah kata sandi yang mudah diingat tapi sulit diketahui oleh orang lain.

User juga bisa memakai nama online shop sebagai username agar mudah diingat dan dapat meningkatkan kredibilitas terhadap konsumen, contohnya adalah TokoTeknohacks. Apabila semua data sudah diisi dan dilengkapi, jangan lupa untuk memberikan tanda centang atau ceklis pada kolom persetujuan yang dikenal sebagai Terms and Conditions. Kemudian, klik tombol “Sign up with email” pada laman tersebut.

Langkah berikutnya dalam cara membuat Linktree adalah melengkapi informasi seputar akun. Tuliskan nama lengkap di kolom yang sudah disediakan, kemudian tentukan kategori bisnisnya. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan tanda centang pada kolom verifikasi captcha agar dianggap sebagai manusia, bukan robot. Apabila semua informasi sudah dilengkapi, pengguna bisa klik tombol continue untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

2. Pilih Plan Linktree Gratis

Pada proses ini, user bisa menentukan salah satu jenis plan yang diberikan oleh Linktree dalam membuat sebuah akun. Teknohacks sangat menganjurkan untuk memilih plan Linktree yang gratis. Sebab, fitur yang didapatkan hampir sama dengan yang berbayar. Apabila sudah memilih plan yang gratis, langkah berikutnya yaitu klik tombol “Sign up for Free $0”.

Secara otomatis, pengguna sudah berhasil membuat akun Linktree dan akan mendapatkan pesan berupa ucapan terima kasih dari platform tersebut. Pada saat itu juga, user mendapatkan notifikasi email untuk melakukan verifikasi data.

3. Verifikasi Email

Pada tahap ini, setiap pengguna yang berhasil membuat akun akan mendapatkan email verifikasi. Untuk melakukan verifikasi, pengguna harus membuka email yang terdaftar pada Linktree, kemudian klik tombol “Verify Email”.

4. Login & Masuk Ke Dashboard Linktree

Ketika sudah berhasil melakukan verifikasi, maka pengguna bisa melakukan login dengan mengisi username dan kata sandi yang terdaftar pada Linktree. Kemudian, klik tombol “Sign in”. Apabila berhasil melakukan login, user dapat melihat laman dashboard yang berguna untuk membuat tautan pohon.

Pada halaman dashboard, terdapat beberapa menu utama, diantaranya:

  • Links, berfungsi untuk membuat tautan pada Linktree.
  • Appearance, berfungsi untuk mengubah theme dan profil Linktree.
  • Settings, berfungsi untuk melakukan beberapa konfigurasi, seperti social icons, integrasi email dan sebagainya.
  • Pro, hanya bisa digunakan bagi pengguna yang berbayar.

5. Buat Link Baru

Untuk menambahkan link baru, user dapat menambahkannya dengan pilih menu links dan klik tombol “Add New Link”. Kemudian, akan tampil kartu baru yang berisi kolom title dan URL.

Pada kolom title, tuliskan nama judul yang sesuai. Sedangkan pada kolom URL, input URL tujuan, misalnya link toko online maupun marketplace. Setelah proses tersebut sudah dilakukan, aktifkan toggle menjadi on agar dapat menampilkan tautan pohon ketika diklik.

6. Share Link Linktree di Instagram & Media Sosial Lain

Apabila toggle Linktree sudah aktif, pengguna dapat menyalin tautan yang berada di pojok kanan atas ketika tools tersebut menampilkan preview. Klik tombol share, kemudian tools tersebut akan menampilkan beberapa pilihan untuk berbagi tautan. Pilihlah tautan paling bawah dan klik tombol copy.

Setelah langkah tersebut dilakukan, tahap berikutnya adalah masuk ke halaman edit profil di akun Instagram. Paste tautan yang sudah disalin di kolom URL Instagram dan klik tombol simpan.

Cara Membuat Linktree Whatsapp

Pada menu links dapat dimasukkan berbagai macam tautan. Pada umumnya, tautan yang sering dipakai adalah link WhatsApp yang berfungsi sebagai media komunikasi antara konsumen dengan pebisnis. Berikut cara membuat Linktree WhatsApp di Instagram.

  1. Buat terlebih dahulu tautan WhatsApp yang dapat terintegrasi langsung ke nomor pebisnis. Seperti https://wa.me/nomorpengguna.
  2. Masuk ke akun Linktree yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Pilih menu links.
  4. Masukkan nama judul dengan menulis kata “Hubungi Kami lewat WhatsApp” di kolom title Linktree.
  5. Paste link WhatsApp yang sudah dibuat pada kolom URL.
  6. Salin tautan Linktree dan input ke dalam profil Instagram.
  7. Selesai.

Cara Membuat Linktree Website

Cara Membuat Linktree Website (sumber: svaerm)

Setelah mengetahui pembahasan sebelumnya mengenai cara membuat Linktree WhatsApp di Instagram, kali ini Teknohacks akan membahas secara singkat tentang cara membuat Linktree website. Berikut pembahasannya.

  1. Masuk ke akun Linktree yang sudah dibuat.
  2. Tunggu beberapa saat dan pastikan internet yang digunakan cukup stabil.
  3. Setelah itu, Linktree akan menampilkan halaman dashboard.
  4. Pilih menu links agar dapat memasukkan website ke dalam pohon tautan.
  5. Klik “Add New Link” pada laman links.
  6. Tuliskan nama website yang ingin ditampilkan pada kolom title.
  7. Paste tautan website di kolom URL.
  8. Selesai.

Jangan lupa untuk selalu menguji pohon tautan yang sudah dibuat agar berjalan sesuai dengan harapan.

Baca juga : Cara Menghapus Akun IG Permanen & Sementara Anti Ribet!

Perlu diingat bahwa penggunaan linktree yang gratis memiliki banyak manfaat dan mendukung berbagai macam kemajuan bisnis, khususnya di bidang online. Demikian pembahasan kali ini terkait dengan cara membuat Linktree. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda seputar medsos. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Membuat Linktree di Instagram dan Whatsapp [LENGKAP]

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]

    Trending

    Sebagai platform game digital populer di dunia, tentu sudah banyak game dari berbagai negara. Tentu, Indonesia salah satunya. Pada aplikasi Steam sudah menampung macam-macam permainan produksi developer lokal. Bahkan, berdasarkan data per-Januari 2024, Indonesia merupakan negara dengan distribusi  terbanyak se-Asia Tenggara sebanyak 256 games. Memangnya, ada game Steam apa saja yang di Indonesia? Banyak! Tapi, […]