1. Bisnis

20 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Dijamin Cuan!

Belakangan ini, cara mendapatkan uang dari internet sangatlah mudah dan tidak sulit seperti dahulu. Ada banyak cara yang bisa Anda coba di zaman yang serba online ini, sehingga dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan, asal Anda tahu cara mendapatkannya. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya cara mendapatkan uang dari internet itu mudah, lho.

Pada kesempatan kali ini, Teknohacks akan membagikan berbagai macam cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda coba. Tertarik untuk mengetahui bagaimana saja cara menghasilkan uang lewat internet? Cek pembahasan lengkapnya berikut ini!

20 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Penasaran bagaimana saja cara mendapatkan uang dari internet? Simak 20 referensi cara mendapatkan uang dari internet berikut ini!

1. Membangun dan Mengelola Blog

Membangun dan Mengelola Blog
Membangun dan Mengelola Blog (sumber: Unsplash)

Membuat blog bukan lagi sekedar hobi ataupun sebagai tempat curhat. Kegiatan ini bisa juga menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Sebab, siapapun bisa membangun dan mengelola blog secara bebas.

Untuk menghasilkan uang dari blog, tentunya sang pengelola harus membangunnya terlebih dahulu sebagai step awal. Dalam membangun sebuah blog, sebaiknya menggunakan hosting agar dapat meminimalisir pencurian data.

Jika blog sudah dibuat, proses selanjutnya adalah pembuatan konten dan menentukan strategi yang tepat. Semakin bagus konten dan strategi yang dibuat, maka semakin banyak pengunjungnya.

Apabila tahapan-tahapan di atas sudah tercapai, berikutnya adalah pemasangan iklan. Dalam pemasangannya, pengelola blog bisa memanfaatkan Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

2. Membuat dan Menjual Perangkat Lunak (Software)

Membuat dan Menjual Perangkat Lunak
Membuat dan Menjual Perangkat Lunak (sumber: Unsplash)

Paham bahasa pemrograman? Gunakanlah skill tersebut sebagai cara mendapatkan uang dengan cepat. Hanya berbekal komputer saja, setiap orang dapat menghasilkan uang melalui internet dan bisa dikerjakan dari rumah.

Lantas, bagaimana cara menjual software? Ketika perangkat lunak sudah selesai dibuat, Anda bisa langsung menjualnya dengan beberapa cara, yaitu:

  • Menawarkan dua versi yang berbeda, yaitu versi gratis dan berbayar.
  • Memasarkannya melalui Google Play Store atau App Store.
  • Menerima berbagai permintaan khusus dalam pembuatan software.

3. Membuka Pelatihan Online (Online Coaching)

Membuka Pelatihan Online
Membuka Pelatihan Online (sumber: Pexels)

Pelatihan online merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Banyak sekali ilmu atau skill yang bisa dibagikan secara online maupun virtual. Misalnya, tutorial hingga kiat sukses menjadi seorang pebisnis.

Terdapat dua opsi untuk melakukan cara ini. Pertama, memanfaatkan platform online, seperti Skill Academy. Kedua, menggunakan website pribadi, misalnya Moodle. Selain itu, dengan menggunakan website pribadi, Anda dapat membangun sebuah brand sebagai identitas online di mata konsumen.

Biasanya, cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini dilakukan melalui Video Call menggunakan Zoom atau Google Meet. Cara lain yang bisa ditempuh adalah mengadakan sesi live streaming khusus member. Apabila tertarik dengan cara yang satu ini, maka tentukan target pasarnya dan tentukan juga materi pelajarannya.

4. Memulai Bisnis Online Shop

Memulai Bisnis Online Shop
Memulai Bisnis Online Shop (sumber: Pexels)

Cara mendapatkan uang dari internet yang satu ini tentu lumrah kita temui. Memulai bisnis online shop bisa menjadi cara mendapatkan uang dengan cepat. Terlebih lagi, jika mempunyai produk yang berkualitas tinggi.

Online shop merupakan sebuah situs web yang menjual berbagai macam produk secara online melalui jaringan internet. Online shop juga dilengkapi fitur yang memudahkan transaksi. Sebab, pembayarannya sudah dilakukan secara otomatis. Selain itu, cara ini lebih efektif untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan biaya pengelolaannya juga sangat sedikit.

Terdapat beberapa cara yang perlu dipertimbangkan agar bisnis online shop Anda sukses, diantaranya:

  • Tentukan target audiensnya.
  • Carilah produk yang sesuai dengan pangsa pasarnya.
  • Wajib terkoneksi dengan payment gateway.

5. Menjalani Program Afiliasi

Menjalani Program Afiliasi
Menjalani Program Afiliasi (sumber: Pexels)

Program afiliasi merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari hp. Untuk mendapatkan uang dari program ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Lalu, Anda akan mendapatkan sebuah banner atau link referral.

Bagikanlah banner atau link referral tersebut ke orang lain. Ketika seseorang memakai link referral Anda dan melakukan transaksi, maka saat itu juga Anda akan mendapatkan komisi.

6. Membuat Online Course

Membuat Online Course
Membuat Online Course (sumber: Pexels)

Apabila memiliki kelebihan di suatu bidang, baik itu teknologi maupun bisnis. Tidak ada salahnya untuk membuat sebuah platform online course sebagai cara mendapatkan uang dari internet.

Cara ini menjadi suatu peluang yang cukup bagus karena bisa menyalurkan sebuah keahlian dan pengalaman ke banyak orang, terutama yang ingin mempelajari hal baru. Platform online course yang sedang populer dan bisa dijadikan contoh adalah Ruang Guru dan Udemy.

Dalam membuat online course, Anda bisa memanfaatkan CMS WordPress dan install plugin Learning Management System. Plugin LMS ini mampu membuat online course dengan mudah. Fitur yang diberikan cukup banyak, mulai dari penataan materi, kuis dan sistem pembayaran.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus ketika membuat online course, perhatikanlah beberapa tips di bawah ini.

  • Tentukan niche yang dikuasai.
  • Buatlah materi yang interaktif dan menarik.
  • Sediakan fitur pembayaran yang mudah.

7. Menjadi Seorang Desain Grafis

Menjadi Seorang Desain Grafis
Menjadi Seorang Desain Grafis (sumber: Pexels)

Bekerja sebagai seorang desain grafis bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang di internet untuk pemula. Anda bisa memulainya dengan berbagi pengetahuan melalui kursus online atau situs freelance.

Jika tertarik, buatlah sebuah portofolio dalam bentuk website yang baik dan benar. Setelah dibuat, masukkan kemampuan Anda di halaman about. Tujuannya, memberikan kemudahan kepada konsumen yang ingin memakai jasa Anda.

8. Menjual Plugin dan Tema WordPress

Menjual Plugin dan Tema WordPress
Menjual Plugin dan Tema WordPress (sumber: Pexels)

Memiliki kemampuan pemrograman terkait pembangunan maupun pengembangan web sangat potensial dijadikan sebagai cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. 

Untuk memulainya, Anda bisa membuat berbagai macam plugin dan desain tema WordPress yang dibutuhkan konsumen. Kemudian, jual keduanya melalui web pribadi dengan sistem freemium.

9. Membuat Channel Youtube

Membuat Channel Youtube
Membuat Channel Youtube (sumber: Pexels)

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula adalah membuat channel Youtube. Untuk mendapatkan uang dari platform online ini, Anda wajib mendaftarkan akunnya ke Youtube Adsense. Supaya berhasil, Anda harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya:

  • Mengikuti beberapa kebijakan monetisasi Youtube.
  • Harus tinggal di wilayah yang terkoneksi dengan program Youtube Partner.
  • Memiliki lebih dari 1.000 subscriber dan sudah ditonton selama lebih dari 4.000 jam dalam setahun terakhir.

10. Menjadi Penulis Artikel (Freelance)

Menjadi Penulis Artikel
Menjadi Penulis Artikel (sumber: Pexels)

Seorang penulis artikel yang hebat bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal dan cukup menjanjikan. Dikutip dari Optinmonster, menyatakan bahwa 91% perusahaan memanfaatkan strategi content marketing untuk menjangkau audiens yang lebih luas agar bisa meningkatkan penjualan, baik produk maupun layanan.

Hal tersebut membuktikan bahwa peran dari seorang penulis artikel sangat dibutuhkan, terutama untuk saat ini.

11. Memulai Bisnis Dropship

Memulai Bisnis Dropship
Memulai Bisnis Dropship (sumber: Pexels)

Bisnis dropship merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari hp. Bisnis dropship memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet, yang sebetulnya tak susah untuk dilakukan. 

Dengan menekuni bisnis ini, dalam waktu dekat Anda akan memperoleh keuntungan. Sebab, bisnis yang satu ini beriringan dengan perubahan serta pergeseran pola belanja customer, dari offline ke online.

12. Menjadi Website Tester

Menjadi Website Tester
Menjadi Website Tester (sumber: Pexels)

Profesi yang bisa dijadikan sumber penghasil uang adalah menjadi seorang website tester. Website tester merupakan suatu pekerjaan yang melakukan pengujian terhadap website secara kompleks. Sampai saat ini, banyak platform tester yang bersedia membayar seseorang untuk melakukan pengujian.

Jika Anda tertarik, daftarlah ke platform User Testing dan mengikuti beberapa tes yang diberikan. Apabila dinyatakan lolos, maka saat itu juga Anda bisa memulai website testing.

13. Menjadi Bagian dari Survei Online

Menjadi Bagian dari Survei Online
Menjadi Bagian dari Survei Online (sumber: pingkom)

Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan survei untuk mengetahui kepuasan konsumen dan mendapatkan feedback untuk pengembangan produk. 

Kendati demikian, profesi survei online masih dibutuhkan. Anda bisa memanfaatkan platform YouGov Indonesia agar bisa menjadi bagian dari survei online.

14. Menjual Hasil Kerajinan Tangan di Etsy

menjual hasil kerajinan tangan di etsy
Menjual Hasil Kerajinan Tangan di Etsy (sumber: makeuseof)

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal yang besar. Salah satunya adalah menjual hasil kerajinan tangan di Etsy. Platform Etsy merupakan salah satu media yang menjual hasil kerajinan tangan terbesar di dunia.

Anda sudah tidak perlu lagi mempunyai website terlebih dahulu atau membuat akun seperti media sosial. Platform ini sudah memiliki banyak member yang tentunya sudah bisa Anda manfaatkan.

15. Membuat Buku Digital

Membuat Buku Digital
Membuat Buku Digital (sumber: Pexels)

Cara menghasilkan uang berikutnya adalah membuat buku digital. Cara ini sangat cocok untuk seseorang yang suka menulis, entah itu fiksi maupun non fiksi. Sebelum membuat buku digital, sebaiknya tentukan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuannya.

Setelah menentukan tujuan, berikutnya adalah mengetahui siapa target audiensnya. Tidak hanya itu, persiapkan juga strategi pemasarannya agar mereka tertarik pada buku digital yang telah dibuat.

16. Menjadi Seorang Influencer di Media Sosial

Menjadi Seorang Influencer di Media Sosial
Menjadi Seorang Influencer di Media Sosial (sumber: nationalgeographic.org)

Influencer merupakan seseorang yang mampu mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Mereka dapat mengajak masyarakat untuk membeli atau bahkan menggunakan produk tertentu hanya dengan memanfaatkan media sosial, seperti Instagram.

Faktanya, seluruh media sosial mempunyai audiens tersendiri. Sehingga dapat memudahkan setiap orang dalam melihat peluang. Pilihlah media yang tepat agar dapat membantu kesuksesan.

17. Bisnis Domain

Bisnis Domain
Bisnis Domain (sumber: okeguys)

Cara mendapatkan uang dengan cepat adalah bisnis domain. Dengan bisnis ini, Anda akan mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan permintaan domain dari konsumen semakin waktu akan semakin meningkat.

Sebab, saat ini banyak sekali perusahaan yang beralih bisnis dari offline ke online. Maka dari itu, cobalah bisnis domain dengan cara menjadi reseller pada salah satu jasa penyedianya.

18. Menjual Foto di Platform Online

Menjual Foto di Platform Online
Menjual Foto di Platform Online (sumber: semarangku.pikiran-rakyat)

Menjual foto di platform online bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Terlebih lagi, jika Anda memang seorang penghobi fotografi. Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan Shutterstock. website tersebut berfungsi untuk menjual hasil foto yang dibuat oleh penggunanya.

Sebelum mengunggah foto ke platform di atas, luangkan waktu sejenak untuk mencari tahu gaya foto seperti apa yang paling banyak digunakan dan disukai oleh konsumen.

19. Menjadi Admin Media Sosial

Menjadi Admin Media Sosial
Menjadi Admin Media Sosial (sumber: hipwee)

Kemampuan mengelola akun media sosial telah menjadi peluang baru dalam menghasilkan uang. Terlebih, saat ini media sosial memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan maupun membangun reputasi online. Cukup dengan menggunakan smartphone, Anda sudah bisa menjadi admin media sosial.

Selain itu, Anda dapat bergabung dengan situs freelance agar bisa memasarkan jasa pengelolaan medsos. Sehingga nantinya akan menjadi sumber penghasilan tambahan.

20. Menjadi Seorang Penerjemah

Menjadi Seorang Penerjemah
Menjadi Seorang Penerjemah (sumber: detik)

Jika mempunyai keahlian dalam berbahasa asing, cobalah menjadi seorang penerjemah. Akan tetapi, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, diantaranya:

  • Memiliki keahlian yang mumpuni.
  • Suka menonton dan mengikuti perkembangan film.
  • Harus selalu fokus.

Jika tertarik, cobalah melamar melalui situs online, seperti Job Street, Sribulancer dan masih banyak lagi.

Baca juga : Pengertian, Manfaat dan 14 Cara Mudah Mendapatkan Passive Income

Itulah informasi lengkap mengenai cara mendapatkan uang dari internet. Dari informasi di atas, tertarikkah kamu untuk mencari penghasilan tambahan dari internet? Hasilnya cukup cuan, lho! Bagi Anda yang penasaran, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menjawab rasa penasaran Anda. Sampai jumpa di artikel Teknohacks yang selanjutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Dijamin Cuan!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesatnya perkembangan teknologi memberikan banyak sekali kemudahan dalam tata kehidupan manusia. Nah, salah satu bentuk perkembangan teknologi yang memiliki peran vital untuk memudahkan pekerjaan adalah NOC. NOC adalah istilah yang berkaitan dengan jaringan komputer. Jika Anda merupakan calon pengguna atau penyedia layanan pusat data, maka NOC adalah istilah yang penting untuk dipahami. Oleh karena itu, […]
    WiFi 6 adalah evolusi baru dalam teknologi koneksi nirkabel yang menjanjikan peningkatan luar biasa dalam kecepatan, kapasitas, dan stabilitas. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang WiFi 6, keunggulannya, perbedaan dengan WiFi sebelumnya, implementasinya dalam kehidupan sehari-hari, serta tantangan dan masa depannya. Pengenalan tentang WiFi 6 Apa itu WiFi 6? WiFi 6, juga […]

    Trending

    Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi yang disebut STP atau Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Terdapat tiga tahapan dalam pendekatan pemasaran tersebut yaitu segmentasi, targeting, dan positioning itu sendiri. Para pebisnis tentunya perlu mengetahui konsep dari segmentasi targeting positioning agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Apa itu Segmentasi, […]
    Saat mengunjungi sebuah website, pengguna bisa melihat apakah situs yang pengguna kunjungi itu aman atau tidak dengan melihat keterangan kolom bar address pada browser. Pada bagian tersebut, bisa dilihat apakah website menggunakan protokol standar http atau https. Lalu, apa sebenarnya perbedaan http dan https? Mari simak artikel teknohacks kali ini hingga selesai! Apa itu HTTP […]
    Target audience merupakan kelompok konsumen khusus yang memiliki potensi tertinggi dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sasaran pasar atau audiens target ini harus menjadi fokus dalam kampanye periklanan Anda. Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar biasanya dapat didasarkan pada beberapa kriteria, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, socioeconomic status, […]
    Menjadi wirausahawan adalah impian bagi banyak orang. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk memahami perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Banyak yang mengira bahwa wirausaha dan kewirausahaan sebagai dua hal yang sama. Walaupun, wirausaha dan kewirausahaan adalah dua hal yang saling berkaitan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Penasaran apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Simak […]