1. IT

Kenali Cloud Computing: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

Data merupakan bagian penting bagi startup yang bergerak di bidang teknologi atau digital. Sebuah startup harus memiliki tempat atau wadah untuk menyimpan informasi serta data dalam kapasitas besar. Saat ini, telah tercipta sebuah teknologi baru dengan memanfaatkan jaringan internet yang disebut cloud computing.

Cloud computing merupakan istilah yang sering didengar bagi pengguna jaringan internet. Sehingga, penyimpanan berbasis konvensional sudah ditinggalkan dan beralih ke penyimpanan berbasis cloud.

Penyimpanan cloud sangat berpengaruh bagi sebuah perusahaan karena memudahkan dalam berinteraksi dari satu komputer ke komputer lain dengan biaya terjangkau. Kemudahan yang diberikan dapat membuat semua pekerjaan menjadi mudah serta cepat.

Apa Itu Cloud Computing

Cloud computing merupakan istilah dalam bahasa inggris yang memiliki arti komputasi awan. Komputasi memiliki makna sebagai perpaduan penggunaan teknologi komputer. Sedangkan, awan merupakan sebuah analogi dari pengembangan infrastruktur internet.

Secara garis besar, cloud computing adalah sebuah proses penyusunan daya komputasi melalui internet yang berfungsi untuk menjalankan program komputer secara bersamaan. Perpaduan penggunaan teknologi komputer menjadikan internet sebagai center of server dalam mengelola data user (pengguna).

Komputasi awan memberi kemudahan bagi penggunanya, seperti tidak perlu menginstal aplikasi ketika menjalankan sebuah program serta kemudahan dalam mengakses data dan informasi.

Dalam penggunaannya, sebuah cloud storage dapat diakses melalui berbagai macam perangkat, seperti komputer, laptop, dan smartphone tanpa harus memiliki infrastruktur lain. Caranya adalah user harus menyewa infrastruktur kepada pihak ketiga.

Cara Kerja Cloud Computing

Cara Kerja Cloud Computing (sumber: Sagara Technology)
Cara Kerja Cloud Computing (sumber: Sagara Technology)

Cara kerja cloud computing sangat sederhana. Cloud computing menjadikan internet sebagai pusat server atau penyimpanan dalam mengelola data dan informasi.

Pengguna diberikan kemudahan untuk login ke komputasi awan agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstal dahulu.

Karena tidak membutuhkan instalasi, maka data dari pengguna tersimpan secara online sehingga penggunaan memori komputer atau laptop tidak terbebani. Server akan menerima perintah dari pengguna.

Setelah pengguna memberikan perintah pada server, maka data akan diproses. User akan menerima halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan perintah sebelumnya. Perintah yang diberikan akan langsung terintegrasi dengan sistem cloud computing.

Fungsi Cloud Computing

Saat ini, terdapat banyak fungsi yang dimiliki virtual cloud. Hal ini yang mendasari perusahaan besar beralih dari penyimpanan konvensional ke teknologi cloud. Berikut rangkuman singkat tentang fungsi cloud computing.

1. Server Menjadi Pusat Penyimpanan

Teknologi cloud memberi kemudahan kepada pengguna untuk menyimpan data di satu server secara terpusat sesuai layanan yang disediakan. Di sisi lain, pengguna tidak perlu menyediakan data center karena sudah disediakan oleh cloud storage secara online.

2. Meningkatkan Kinerja antar Divisi

Dengan komputasi awan, kinerja antar divisi atau departemen akan menjadi lebih produktif dan optimal. Alasannya karena semua data perusahaan akan tersimpan secara virtual serta saling terhubung pada suatu project dalam waktu bersamaan dan menghemat sumber daya yang ada.

3. Mendapatkan Update

Sebuah sistem harus melakukan pembaharuan secara berkala agar kekurangan yang ada dapat diatasi dengan baik dan mengikuti perkembangan teknologi.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan keamanan serta fitur agar proses penyimpanan menjadi lebih aman, efektif, dan mempunyai kredibilitas yang tinggi.

Jenis Cloud Computing Berdasarkan Hak Akses

Setelah mengetahui dan memahami fungsinya, selanjutnya Teknohacks akan membahas 4 jenis komputasi awan berdasarkan hak akses.

1. Private Cloud

Private cloud merupakan sebuah storage yang dipakai untuk kepentingan suatu startup secara private. Penggunaan private biasanya digunakan untuk kebutuhan bisnis agar sumber dayanya dapat diatur dan dioperasikan oleh startup yang sama.

Untuk implementasinya hanya dapat digunakan oleh satu startup (tidak bisa digunakan pengguna lain). Selain itu, metode private memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan public.

2. Community Cloud

Community merupakan sebuah cloud clusters yang digunakan untuk menyimpan kepentingan sebuah komunitas. Sistem community dapat dikelola secara mandiri atau menggunakan bantuan pihak ketiga agar dapat memangkas biaya yang dikeluarkan.

3. Public Cloud

Penyimpanan publik adalah penyimpanan data dan informasi melalui internet dengan layanan yang menggunakan model publik. Artinya, pengguna dapat menggunakan setiap fitur dan layanan secara gratis.

Facebook, twitter dan instagram adalah contoh public pada layanan media sosial. Untuk layanan email, yaitu gmail. Kekurangan public terletak pada keamanan data.

4. Hybrid Cloud

Hybrid adalah gabungan antara layanan private dan public, biasanya hanya perusahaan tertentu yang dapat menggunakan layanan ini. Hybrid termasuk dalam jenis Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).

Jenis Cloud Computing Berdasarkan Layanan

Layanan komputasi awan memiliki 3 jenis, yaitu infrastructure-as-a-service (IaaS), software-as-a-service (SaaS) dan platform-as-a-service (PaaS). Mari simak pembahasan berikut.

Jenis Cloud Computing Berdasarkan Layanan (sumber: IPknowledge)
Jenis Cloud Computing Berdasarkan Layanan (sumber: IPknowledge)

1. Infrastructure-as-a-service (IaaS)

Infrastructure-as-a-service (IaaS) adalah metode pengiriman suatu file dari sistem operasi ke server melalui konektivitas internet protocol. Pengguna infrastructure-as-a-service (IaaS) tidak perlu membeli server karena sudah disediakan pihak ketiga. Contoh dari IaaS, seperti Microsoft Azure.

2. Software-as-a-service (SaaS)

Software-as-a-service (SaaS) adalah sebuah nomor lisensi perangkat lunak yang diberikan melalui metode pay-as-you-go atau on-demand kepada pengguna. Contoh dari SaaS, seperti Microsoft Office 365.

3. Platform-as-a-service (PaaS)

Platform-as-a-service (PaaS) adalah sebuah wadah atau tempat untuk membuat perangkat lunak atau software yang dikirimkan melalui internet. PaaS memberikan layanan untuk membangun aplikasi, upload aplikasi, dan mengatur konfigurasi.

Manfaat Cloud Computing

Setelah memahami berbagai jenis cloud clusters, berikut rangkuman singkat tentang manfaat cloud clusters.

1. Mampu Bertahan Lama

Manfaat pertama adalah setiap jenis komputasi awan hanya membutuhkan server dan jaringan internet, tidak seperti hard disk yang cepat panas, bad sector (kerusakan fisik atau software) dan tidak terbaca. Setiap hardware (hard disk) memiliki masa pemakaian, biasanya hanya bertahan 3 tahun.

2. Sistem Keamanan Terjamin

Perusahaan penyedia cloud computing menyediakan fitur keamanan tinggi, jaminan data sehingga tidak mudah rusak atau hilang. Data dan informasi yang tersimpan pada cloud tetap terjaga dibandingkan dengan konvensional.

3. Data Tersimpan Langsung Di Pusat

Manfaat ketiga adalah menjadi wadah penyimpanan informasi dalam bentuk data yang terhubung dengan server secara terpusat. Pengguna hanya perlu menggunakan satu aplikasi server serta tidak membutuhkan instalasi.

4. Minim Biaya

Perusahaan sangat terbantu dengan hadirnya komputasi awan yang memberikan pelayanan cukup banyak agar pengguna mendapatkan kemudahan, keamanan serta kenyamanan dibandingkan harus menyediakan media penyimpanan untuk setiap karyawan.

Baca juga: Arti Programmer, Tugas, & Cara Belajar Membangun Kariernya

Bagaimanapun, cloud computing adalah sebuah keuntungan besar bagi perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Karakteristik cloud computing adalah murah sehingga dapat memangkas biaya pengeluaran.

Demikian pembahasan tentang teknologi, khususnya dunia networking. Semoga dapat memperluas wawasan Anda seputar bisnis. Jangan lupa untuk nantikan pembahasan menarik lainnya dari Teknohacks.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kenali Cloud Computing: Pengertian, Manfaat, & Cara Kerjanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Pesatnya perkembangan teknologi memberikan banyak sekali kemudahan dalam tata kehidupan manusia. Nah, salah satu bentuk perkembangan teknologi yang memiliki peran vital untuk memudahkan pekerjaan adalah NOC. NOC adalah istilah yang berkaitan dengan jaringan komputer. Jika Anda merupakan calon pengguna atau penyedia layanan pusat data, maka NOC adalah istilah yang penting untuk dipahami. Oleh karena itu, […]
    WiFi 6 adalah evolusi baru dalam teknologi koneksi nirkabel yang menjanjikan peningkatan luar biasa dalam kecepatan, kapasitas, dan stabilitas. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang WiFi 6, keunggulannya, perbedaan dengan WiFi sebelumnya, implementasinya dalam kehidupan sehari-hari, serta tantangan dan masa depannya. Pengenalan tentang WiFi 6 Apa itu WiFi 6? WiFi 6, juga […]

    Trending

    Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi yang disebut STP atau Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Terdapat tiga tahapan dalam pendekatan pemasaran tersebut yaitu segmentasi, targeting, dan positioning itu sendiri. Para pebisnis tentunya perlu mengetahui konsep dari segmentasi targeting positioning agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Apa itu Segmentasi, […]
    Saat mengunjungi sebuah website, pengguna bisa melihat apakah situs yang pengguna kunjungi itu aman atau tidak dengan melihat keterangan kolom bar address pada browser. Pada bagian tersebut, bisa dilihat apakah website menggunakan protokol standar http atau https. Lalu, apa sebenarnya perbedaan http dan https? Mari simak artikel teknohacks kali ini hingga selesai! Apa itu HTTP […]
    Target audience merupakan kelompok konsumen khusus yang memiliki potensi tertinggi dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sasaran pasar atau audiens target ini harus menjadi fokus dalam kampanye periklanan Anda. Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar biasanya dapat didasarkan pada beberapa kriteria, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, socioeconomic status, […]
    Menjadi wirausahawan adalah impian bagi banyak orang. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk memahami perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Banyak yang mengira bahwa wirausaha dan kewirausahaan sebagai dua hal yang sama. Walaupun, wirausaha dan kewirausahaan adalah dua hal yang saling berkaitan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Penasaran apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Simak […]