1. Digital Marketing

Teknik yang Simpel & Efektif, Inilah Email Marketing

Bagi seorang marketer, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah email marketing. Email marketing bisa menjadi salah satu solusi dalam melakukan pemasaran di era digital saat ini. Sebab, hampir setiap orang memanfaatkan email untuk memenuhi kebutuhan mereka, terutama di dunia online.

Untuk Anda yang belum mengetahui apa itu email marketing secara lengkap, artikel ini akan membahas semua hal di dalamnya, mulai dari pengertian, cara kerja, cara membuat email pemasaran hingga contoh email marketing yang benar. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital yang masih efektif digunakan dalam menawarkan produk kepada audiens melalui email.

Dilansir dari halaman resmi GlobeNewswire, menyebutkan bahwa pada tahun 2017 sampai 2021 terdapat lebih dari 34% atau sebanyak 2,5 miliar pengguna internet yang menggunakan email. Jumlah tersebut menjadi bukti bahwa pemasaran digital ini masih bagus sampai saat ini.

Umumnya, email pemasaran dipakai untuk membangun hubungan dengan calon konsumen, lalu mengarahkannya agar menjadi customer dengan cara yang sederhana.

Pemasaran yang satu ini biasa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Artinya, jika customer telah melakukan proses pemesanan, maka marketer dapat mengirimkan surat elektronik kepada mereka untuk menyelesaikan transaksi.

Cara Kerja Email Marketing

email marketing
Cara Kerja Email Marketing (sumber: Unsplash)

Secara umum, pemasaran ini bisa digunakan dengan mudah, yaitu hanya menulis sebuah surat untuk orang lain. Dengan demikian, jika memakai electronic mail, seorang marketer bisa mengirim pesan secara cepat bersamaan dengan filefile tertentu. Berikut ini Teknohacks akan menjelaskan mengenai cara kerja email pemasaran.

  1. Buka email terlebih dahulu, kemudian masukkan pesan yang ingin dikirim kepada orang lain.
  2. Marketer juga bisa membuat perintah pada surat elektronik untuk mengirim pesan kepada alamat email lainnya dengan mudah.
  3. Selanjutnya, electronic mail server akan melakukan proses identifikasi alamat surat elektronik tujuan secara otomatis. Lalu, electronic mail akan mengirimkan pesan yang sudah dibuat pada poin 1 ke alamat tujuan.
  4. Ketika surat elektronik telah terkirim, maka pesan yang sudah dibuat akan tersimpan ke dalam mail server secara otomatis.

Jenis Email Marketing

Setelah memahami pembahasan sebelumnya, kini Teknohacks akan membahas mengenai jenis email marketing. Simak pembahasannya berikut!

1. Email Newsletter

Email Newsletter merupakan salah satu jenis surat elektronik yang sangat populer dan biasa digunakan untuk bisnis skala kecil hingga besar. Kehadirannya dapat membantu para UMKM dalam melakukan pemasaran dengan mudah dan tidak mengeluarkan biaya yang besar.

Biasanya, newsletter dapat berisi beragam konten yang menarik, salah satunya yaitu pengumuman seputar produk atau layanan terbaru. Selain itu, terdapat suatu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat email marketing, yaitu apakah konten tersebut dapat menjaga dan memperkuat hubungan antara seorang pemasar dengan konsumen.

2. Retention Emails

Bagi seseorang yang baru saja menjalankan sebuah bisnis, retention bisa menjadi pertimbangan sebagai email pemasaran. Cara kerjanya cukup sederhana, yakni hanya meminta feedback dan jawaban dari setiap penawaran yang diberikan kepada konsumen. Electronic mail seperti ini mampu menjaga komunikasi dengan customer.

3. Promotional Emails

Promotional Emails berfungsi untuk mendorong penjualan dan membantu pelayanan serta pemasaran agar lebih efektif. Pemasar juga bisa memanfaatkan surat elektronik pemasaran untuk menawarkan beragam keuntungan yang bisa didapatkan oleh konsumen.

4. Acquisition Emails

Acquisition Emails bertujuan untuk menargetkan audiens yang belum melakukan proses transaksi. Buatlah promosi yang menarik untuk calon customer dengan memanfaatkan konten-konten yang informatif. Tidak hanya itu, tunjukkan juga kepada mereka bahwa benefit yang didapat akan sepadan jika melakukan transaksi melalui channel bisnis yang dikelola.

Cara Membuat Email Marketing

cara membuat email marketing
Cara Membuat Email Marketing (sumber: Unsplash)

Teknohacks telah menyiapkan 4 cara membuat electronic mail marketing, diantaranya:

1. Membuat Daftar Email

Daftar email adalah kumpulan data diri milik pelanggan yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan penawaran khusus kepada target audiens. Untuk mendapatkan daftar email, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa cara yang sudah Teknohacks rangkum.

  • Berikan sebuah promosi yang berharga.
  • Buatlah call to action yang menarik perhatian.
  • Sediakan form subscribe.
  • Buatkan halaman arahan (landing page) khusus.

2. Pilih Email Marketing Tool yang Sesuai

Dalam mengirim pesan pemasaran sangat berbeda dengan mengirim email biasa melalui Gmail. Pada electronic mail marketing, pemasar harus membuat desain yang menarik perhatian konsumen dengan menambahkan gambar atau video, halaman arahan dan masih banyak lagi. Hal tersebut dilakukan agar tujuan strateginya dapat tercapai.

Berikut 4 tools yang berguna untuk mengirim pesan pemasaran kepada calon pelanggan.

Sumo

Sumo merupakan salah satu alat pengirim email yang gratis. Platform ini juga mempunyai berbagai macam fitur serta pilihan kustomisasi. Fungsinya untuk menambah lead dan konversi. Ketika membuat form email, terdapat beberapa contact form yang bisa dibuat, mulai dari pop up, formulir catatan kaki yang berada di akhir artikel, formulir call to action dan sebagainya.

Mailchimp

mailchimp
Mailchimp (sumber: uk.pcmag)

Mailchimp adalah tools pengirim email yang berbasis website. Di sini, pemasar bisa menggunakannya tanpa harus mengunduh maupun menginstal software terlebih dahulu. Platform ini juga menawarkan beragam fitur, seperti menyediakan berbagai template desain, mampu mengirim pesan secara otomatis, sudah terkoneksi dengan aplikasi lain dan mempunyai performa analisis terkait pesan pemasaran.

Tools Mailchimp sudah terintegrasi dengan WordPress, sehingga pemasar dapat melakukan konfigurasi di satu tempat, yaitu pada laman dashboard.

HubSpot

hubspot
HubSpot (sumber: outfunnel)

HubSpot adalah perangkat lunak pengirim pesan marketing yang cukup lengkap dan mampu memberikan banyak benefit. Tools yang satu ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, baik berskala kecil sampai besar. Perangkat lunak HubSpot bisa membantu pemasar terhadap SEO dan mampu meningkatkan konversi.

OptinMonster

OptinMonster (sumber: linkedin)

OptinMoster merupakan sebuah tools pemasaran terbaik yang bisa digunakan. Pada aplikasi ini, terdapat 97 desain template yang unik. Marketer juga dapat mengatur segmentasi pesan agar pengiriman email sesuai dengan target audiens. Tidak hanya email, pemasar bisa membuat pop up, floating bars dan halaman arahan yang menarik. Di sisi lain, OptinMonster mampu meningkatkan conversion rate campaign.

3. Buat Konten Semenarik Mungkin

Untuk membuat konten yang menarik, marketer harus memahami ilmu copywriting. Tujuannya adalah untuk meningkatkan open rate email marketing yang sudah dibuat. Di Mailchimp, pemasar dapat melihat statistik pesan yang terkirim. Artinya, pengirim email dapat mengevaluasi setiap campaign, apakah berhasil atau gagal.

4. Tentukan Strategi Pengiriman Email

Dalam menjalankan pesan pemasaran, seseorang juga membutuhkan strategi agar tepat sasaran. Berikut adalah beberapa strategi pengiriman email.

  • Tentukan tema.
  • Menerapkan headline persuasif.
  • Memberikan konten informatif.
  • Pilihlah waktu terbaik untuk mengirim pesan.

Manfaat Email Marketing

Manfaat utama dari email marketing adalah biaya yang dikeluarkan sangat murah. Sebab, hanya dengan satu kali klik saja bisa menjangkau banyak audiens. Apabila dibandingkan dengan iklan digital berbayar akan memerlukan budget yang besar.

Selain biaya, dengan memanfaatkan strategi ini dapat memberikan informasi secara lengkap. Melalui pesan pemasaran, user mampu menyampaikan berbagai informasi serta penawaran menarik secara detail.

Surat elektronik juga bersifat pribadi karena dapat membangun interaksi secara personal dan tidak menutup kemungkinan akan menyenangkan konsumen. Pada saat ini, hampir seluruh software pengirim pesan sudah bisa mengirim email blast dengan nama customer.

Contoh Email Marketing yang Benar

Berikut ini terdapat sebuah contoh email marketing yang benar.
Pertama, dalam membuat pesan pemasaran sebaiknya menggunakan subject yang menarik.

contoh subject
Buatlah Subject yang Menarik

Subject yang ditulis dapat membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk membuka email tersebut. Ketika dibuka, perusahaan tersebut memberikan penawaran khusus untuk pelanggannya.

penawaran khusus
Penawaran Khusus

Kemudian, ditutup dengan memberikan voucher spesial yang hanya bisa digunakan untuk satu hari itu saja.

penawaran spesial
Penawaran Spesial

Baca juga : Dapatkan Untung Dengan TikTok Ads, Bagaimana Caranya?

Sekian penjelasan kali ini terkait email marketing. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda seputar digital marketing.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Teknik yang Simpel & Efektif, Inilah Email Marketing

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Target audience merupakan kelompok konsumen khusus yang memiliki potensi tertinggi dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sasaran pasar atau audiens target ini harus menjadi fokus dalam kampanye periklanan Anda. Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar biasanya dapat didasarkan pada beberapa kriteria, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, socioeconomic status, […]
    Menjadi wirausahawan adalah impian bagi banyak orang. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk memahami perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Banyak yang mengira bahwa wirausaha dan kewirausahaan sebagai dua hal yang sama. Walaupun, wirausaha dan kewirausahaan adalah dua hal yang saling berkaitan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Penasaran apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Simak […]

    Trending

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]
    Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi yang disebut STP atau Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Terdapat tiga tahapan dalam pendekatan pemasaran tersebut yaitu segmentasi, targeting, dan positioning itu sendiri. Para pebisnis tentunya perlu mengetahui konsep dari segmentasi targeting positioning agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Apa itu Segmentasi, […]