1. Game

6 Rekomendasi Game Gba Bahasa Indonesia

madagascar gba
Madgascar Operation Penguin. Foto: gamexchange.co.uk

Buat yang belum tahu, GBA merupakan singkatan dari Game Boy Advance, yang merupakan konsol permainan yang dibuat oleh Nintendo. GBA ini juga dapat kita sebut sebagai permainan yang ada pada game boy. Kebetulan, pada permainan GBA, ada yang sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, lho!

Tentu, sangat membantu para pemain yang tidak terlalu fasih bahasa Inggris. Berikut, 6 game GBA bahasa Indonesia!

1 . Pokemon Fire Red

Pokemon FireRed and LeafGreen Instruction Booklet, ialah salah satu game yang dipublish oleh  Nintendo. Diliris pada 2004 oleh Nintendo dan The Pokemon Company. Tugas pemain dalam game ini menangkap dan membesarkan Pokemon.Maksudnya, bila menangkap Pokemon liar, maka bisa melempar Poke Ball.

Pokemon yang telah ditangkap menjadi milik pemain, yang dapat digunakan untuk pertarungan. Poke Ball ini menjadi indikator keberhasilan dalam permainan. Sebab, semakin banyak PB, maka kesempatan untuk menangkap Pokemon, semakin tinggi. Oh, iya sudah tersedia dalam versi Indonesianya.

2. Castlevania Harmony of Dissonance.

Merupakan permainan action role-playing yang dikembangkan oleh Konami Computer Entertainment Tokyo dan diterbitkan oleh Konami untuk Game Boy Advance dan seri kedua Castlevania di Game Boy Advance, setelah Circle of the Moon. Menceritakan tentang  karakter bernama Maxim kembali dari pelatihannya, dan mengalami luka. Lalu, yang mengejutkannya adalah, teman masa kecilnya yang bernama Lydie Erlanger telah diculik. Selain itu, Maxim juga kehilangan banyak ingatannya tentang peristiwa 2 tahun terakhir.

Baca juga: 7 Game PS1 Bahasa Indonesia

3. Madagaskar

Madagascar: Operation Penguin adalah GBA yang ceritanya berdasarkan film animasi aslinya dari DreamWorks. Dikembangkan oleh Vicarious Visions dan diterbitkan oleh Activision untuk Game Boy Advance. Menceritakan, sekelompok  penguin, Skipper, Kowalski, Rico, dan Private, yang mendapati berada di Central Park Zoo. Misi utama mereka adalah melarikan diri dari kebun binatang tersebut untuk menemukan jalan pulang ke rumah tercinta mereka di Antartika.

Sepanjang permainan, terdapat berbagai tantangan antara lain, memasuki berbagai lingkungan kebun binatang, termasuk kandang jerapah, kandang arktik, halaman pengunjung, dan bahkan kandang singa. Setiap level mengharuskan pemain untuk menggunakan keterampilan unik penguin untuk mengatasi rintangan dan mengalahkan musuh. GBA ini termasuk yang ramah untuk anak-anak.

4. Megaman Zero 4

Mega Man Zero 4 adalah game GBA yang dikembangkan oleh Inti Creates dan diterbitkan pada tahun 2005 oleh Capcom untuk konsol genggam Game Boy Advance (GBA). Game ini bercerita tentang naiknya Dr. Weil ke tampuk kekuasaan setelah jatuhnya Copy X di Mega Man Zero 3. Dr. Weil menguasai Neo Arcadia dan menjadi tiran, menindas manusia dan reploid. Zero harus bertarung melawan pasukan Dr. Weil dan membebaskan Neo Arcadia.

5. Castlevania: Aria of Sorrow

Dipublish oleh Konami pada tahun 2003 untuk Game Boy Advance. Merupakan seri ketiga Castlevania ketiga, yang dipimpin oleh produser seri Koji Igarashi, yang terkenal dengan karyanya pada Symphony of the Night.

Game ini memperkenalkan Soma Cruz, karakter protagonis baru untuk seri ini. Tidak seperti pahlawan klan Belmont sebelumnya, Soma memiliki kekuatan Dominasi, yang memungkinkan dia untuk menyerap jiwa musuh yang dikalahkan dan mendapatkan kemampuan mereka. Mekanik ini, yang dikenal sebagai sistem “Tactical Soul”, menjadi ciri khas dari gameplay Aria of Sorrow. Castlevania: Aria of Sorrow mempertahankan atmosfer horor gothic dan gaya eksplorasi Metroidvania pada seri ini. 

Baca juga: 10 Game Steam di Indonesia, Ada Asli Buatan Lokal!

6. Megaman Zero 1 

Mega Man Zero adalah seri pertama dalam seri Mega Man Zero, yang dirilis tahun 2002. Menceritakan, sosok Reploid yang terbangun dari tidurnya untuk membantu ilmuwan manusia bernama Ciel dan pasukan pemberontakannya dalam melawan utopia Neo Arcadia.

Dalam permainan ini, pemain harus , mengalahkan musuh agar Zero untuk mengumpulkan Unit Energi, tersebut digunakan untuk meningkatkan Z-Sabernya atau menghidupkannya kembali jika dia dikalahkan. Zeropun memiliki kemampuan khusus yang terdapat pada setiap levelnya, yang bernama Cyber Elf.

Demikian permainan game GBA bahasa Indonesia, memang saat ini masih belum banyak game GBA yang bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan masih terbatas translator yang menerjemahkan. Selain itu, terkadang memerlukan waktu yang cukup lama untuk menerjemahkan satu game.

Baca juga: 80 Kumpulan Game PPSSPP , Buat Ide Ngegame Sama Bestie!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 6 Rekomendasi Game Gba Bahasa Indonesia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]

    Trending

    Sebagai platform game digital populer di dunia, tentu sudah banyak game dari berbagai negara. Tentu, Indonesia salah satunya. Pada aplikasi Steam sudah menampung macam-macam permainan produksi developer lokal. Bahkan, berdasarkan data per-Januari 2024, Indonesia merupakan negara dengan distribusi  terbanyak se-Asia Tenggara sebanyak 256 games. Memangnya, ada game Steam apa saja yang di Indonesia? Banyak! Tapi, […]