1. Game

10 Game Steam di Indonesia, Ada Asli Buatan Lokal!

coffee talk
Coffee Talk. Foto: xbox.com

Sebagai platform game digital populer di dunia, tentu sudah banyak game dari berbagai negara. Tentu, Indonesia salah satunya. Pada aplikasi Steam sudah menampung macam-macam permainan produksi developer lokal. Bahkan, berdasarkan data per-Januari 2024, Indonesia merupakan negara dengan distribusi  terbanyak se-Asia Tenggara sebanyak 256 games.

Memangnya, ada game Steam apa saja yang di Indonesia? Banyak! Tapi, yang dibahas hanya 10 game steam di Indonesia saja. Check it out!

1.Troublemaker

Siapa sangka ternyata kenakalan anak SMA di Indonesia, bisa kamu jumpai dalam bentuk game! Judulnya, Troublemaker, senada dengan namanya permainan ini Budi (tokoh utama) harus berkelahi baik dengan sesama siswa di sekolahnya maupun anak sekolah lain.

Adanya perkelahian bukan lain karena sekolahnya, tiap tahun mengadakan acara lomba tersebut tujuan agar adanya “geng terkuat”. Karena banyak game ini termasuk banyak adegan kekerasaan sehingga rating-nya khusus dewasa alias 18 tahun keatas.

2. Just Deserts

Pada game ini pemain berperan sebagai seorang tentara bernama Alex yang harus melindungi kota bernama, New Elysium dari serangan alien misterius. Tugasnya, selain melawan alien, kamu juga harus menjalin asmara dengan salah satu dari tiga karakter wanita dalam game ini: Iris, Ryoko, atau Valerya. Game ini menawarkan perpaduan unik antara genre action, dating , dan pengelolaan sumber daya.

3. Ultra Space Battle Brawl

Dirilis tahun 2018 produksi Toge Productions dan Mojiken Studio (keduanya asal Surabaya) merupakan kombinasi antara pertarungan dengan olahraga tenis. Jadi, game ini nantinya dua orang pemain akan saling beradu melempar bola demi menghancurkan kristal di tempat lawan dengan peralatan pemukul bola khusus. Gunanya untuk agar bola dapat memantulkan arah lawan. Sehingga berpeluang besar untuk menang.

Selain itu, kamu  bisa memilih salah satu dari 10 karakter untuk memainkannya.  Tiap karakter punya ciri khas dan kekuatan, termasuk, untuk membantu hancurkan bola lawan. Eits, ini juga pernah terlibat dalam ajang Piala Presiden Esports 2020. 

4.Coffee Talk

Kalau ingin merasakan rasanya bekerja sebagai barista kafe, game buatan Toge Productions bisa jadi solusinya. Pemain akan mendapatkan menawarkan pengalaman dan serasa diajak untuk berperan sebagai barista di kedai kopi yang bernama Coffee Talk. Tidak sekadar membuatkan pesanan kopi saja, para barista juga kerap mendengarkan berbagai macam cerita dari pelanggan. 

5. Portal 2

Berasal dari pemenang penghargaan dari permainan, cerita, dan musik inovatif yang menghasilkan lebih dari 70 penghargaan industri serta menciptakan pengikut sekte. Bagian pemain dari Portal 2 memperkenalkan sejumlah karakter baru yang dinamis, sejumlah elemen teka-teki baru, dan ruang uji licik yang jauh lebih besar.

Pemain akan kunjungi Aperture Science Labs yang belum pernah dilihat sebelumnya dan bertemu kembali dengan GLaDOS, rekan komputer. Permainan ini memaksa pemain untuk mempertimbangkan kembali semua yang mereka pikir mereka ketahui tentang portal. Untuk mencapai sukses akan menuntut mereka untuk tidak hanya bertindak secara kooperatif, tetapi untuk berpikir secara kooperatif.

Baca juga: Buat Bangga! 10 Rekomendasi Game Buatan Indonesia Terseru

6. Warung Nasi Campur

Ingin membayangkan menjadi pemilik warung makanan? Kamu bisa mencoba lakukan melalui game Warung Nasi Campur dari Candela Digital (2023). Berperan sebagai pemilik warung, tugasnya untuk menjalankan restoran nasi campur yang sukses di Indonesia. Pemain akan pengalaman untuk memasak dan menyajikan berbagai hidangan Indonesia populer kepada pelanggan.

Bukan hanya itu saja, bakal mendapatkan skill lainnya, antara lain Pelajari cara memasak berbagai hidangan Indonesia populer, seperti nasi goreng, rendang, sate, dan gado-gado, memperbaiki fasilitas warung, briefing staff, hingga kelola keuangan warung.

7. Asian Food Cart Tycoon 

Sama seperti, Warung Nasi Campur, bedanya menjadi penjual sate gerobakan. Kamu bakal belajar mengelola bisnis makanan, seperti keuangan, melayani pelanggan hingga menghadapi preman yang kerap memalak sejumlah uang.

8. Steins Gate

Bercerita tentang sekelompok mahasiswa eksentrik yang jago teknologi. Mereka tidak sengaja menemukan cara mengubah masa lalu melalui surel, menggunakan microwave yang dimodifikasi. Eksperimen mereka untuk mengetahui penemuan ini secara mendalam justru menjadi kacau. Mereka terjebak dalam konspirasi yang melibatkan SERN, organisasi di balik Large Hadron Collider, dan John Titor, yang mengaku berasal dari masa depan dystopian.

Interaksi dalam game dilakukan melalui sistem “pemicu telepon”. Pemain akan menerima panggilan dan pesan teks, dan harus memutuskan apakah akan membalasnya atau tidak. Keputusan ini akan mempengaruhi jalannya cerita game.

Baca juga: Cara Beli Game di Steam Paling Mudah, Cuma Perlu 5 Langkah!

9. Thumper

Thumper adalah perpaduan kekerasan ritme: aksi ritme klasik, kecepatan luar biasa, dan brutalitas fisik. Kamu adalah kumbang luar angkasa. Lintasi kekosongan neraka dan hadapi kepala raksasa gila dari masa depan.

Melaju kencang di trek tak berujung dan terterjal rintangan brutal dengan kontrol sederhana dan mantap. Teruskan maju, kuasai gerakan baru, capai kecepatan luar biasa, dan memenangkan pertempuran bos epik. Setiap benturan dahsyat dijalin dengan soundtrack orisinal yang menggelegar.

10. Rabi Ribi

Menceritakan sosok  Erina, seorang gadis yang tiba-tiba berubah menjadi kelinci dan terjebak di pulau misterius bernama Rabi-Ribi Island. Bersama peri pendampingnya, Ribbon, pemain harus berjuang untuk kembali normal dan mengungkap rahasia pulau tersebut. Gim ini menggabungkan genre  antara Metroidvania dengan bullet hell dan dikembangkan oleh CreSpirit dan GemaYue.

Baca juga: Cara Isi Steam Wallet Mudah & Lengkap untuk Pengguna Baru

Wah, banyak juga game yang tersedia di Steam Indonesia, bahkan ada buatan asli lokal. Kalau lagi bingung mau main game apa, tidak ada salahnya coba memainkan salah satunya?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Game Steam di Indonesia, Ada Asli Buatan Lokal!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]

    Trending

    Sebagai platform game digital populer di dunia, tentu sudah banyak game dari berbagai negara. Tentu, Indonesia salah satunya. Pada aplikasi Steam sudah menampung macam-macam permainan produksi developer lokal. Bahkan, berdasarkan data per-Januari 2024, Indonesia merupakan negara dengan distribusi  terbanyak se-Asia Tenggara sebanyak 256 games. Memangnya, ada game Steam apa saja yang di Indonesia? Banyak! Tapi, […]