1. Digital Marketing

Cara Lengkap Menggunakan Google Analytics dalam Dunia Digital

Sebagai pegiat dunia bisnis digital, tentu jadi hal yang penting untuk kamu bisa mengoptimalkan website yang Kamu kelola. Salah satu tools yang bisa kamu pakai untuk menganalisis performa websitemu adalah Google Analytics.

Dengan mengoptimalkan penggunaan Google Analytics, kamu dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih akurat sehingga dapat meningkatkan performa bisnismu. Yuk disimak cara lengkap menggunakan Google Analytics dalam dunia digital yang bisa kamu coba.

Apa itu Google Analytics

Tampilan Google Analytics
Tampilan Google Analytics

Google Analytics adalah fasilitas gratis yang disediakan oleh Google untuk mendapatkan report dalam bentuk data metrics yang mudah untuk dipahami.

Fungsi Google Analytics adalah kamu bisa mengetahui data mengenai pertumbuhan followers, perkembangan visitor website, hingga jumlah readers dalam sebuah konten atau social networks yang terhubung dengan Google.

Data-data ini nantinya bisa dijadikan tolak ukur untuk evaluasi konten dalam website bisnis Kamu. Kamu dapat melihat mana konten-konten yang memiliki performa tinggi, dan bisa dijadikan acuan untuk mengoptimalkan konten serupa dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO).

Jenis-jenis Data dalam Google Analytics

1. Audience Overview

Fungsi audience overview dalam Google Analytics adalah untuk menunjukkan data mengenai audiens seperti jumlah dan persentase antara pengunjung baru dan pengunjung lama (new vs returning visitors) berdasarkan periode waktu yang ingin diketahui, jumlah tayang laman, jumlah halaman yang dibuka setiap sesi, jumlah sesi tiap pengguna, hingga bounce rate.

Untuk mengakses data ini, kamu dapat meng-klik audience > overview.

2. Realtime

Data realtime berfungsi untuk melihat visitor  yang tengah mengunjungi website Kamu saat ini. Kita bisa memantau langsung aktivitas yang sedang terjadi di situs atau website Kamu, dan laporan ini terus diperbarui setiap detiknya..

Pada data ini dapat diperoleh data sumber traffic dan keywords yang digunakan pengunjung pada search engine result page (SERP) seperti Google. Menu ini diakses dengan klik realtime > overview.

3. Acquisition All Traffic

Fitur acquisition dalam google analytics adalah fitur yang menyajikan data dari mana pengunjung menemukan website kita. Fitur ini dapat diakses dengan klik acquisition > all traffic > channels.

Dalam Google Analytics terdapat empat traffic source, yaitu organic, direct, referrals, dan social. Organic berarti traffic didapat dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo!, atau lainnya. Direct adalah traffic yang berasal dari URL yang diketikkan di address bar browser.  Referrals berarti berasal dari website atau channel yang mengirimkan traffic pada web. dan Social memuat media sosial apa saja yang men-direct traffic ke website Kamu.

4. Site Content

Menu ini menyajikan laporan mengenai blog post, landing page dan laman yang terdapat dalam website Kamu. Kita dapat mengakses behavior > site content > all pages. 

Melalui sub-menu all pages kamu dapat melihat halaman dengan traffic tertinggi. Sub-menu Content Drilldown untuk merincikan struktur website berdasarkan domain. Sub-menu landing page dan exit pages menunjukan halaman pertama dan terakhir yang dikunjungi visitor.

5. Site Speed

Menu Site Speed digunakan untuk mengetahui kecepatan website kamu. Kamu dapat mengaksesnya dengan klik menu behaviour > site speed.

Menu Overview pada Site Speed menampilkan ringkasan mengenai rata-rata waktu muat halaman, waktu pengalihan, waktu pemetaan domain, waktu sambungan server, hingga kecepatan situs berdasarkan browser, negara, dan halaman. Submenu page timings berfungsi  untuk melihat waktu load setiap halaman selain di menu overview.

Cara Menggunakan Google Analytics

Selain menu-menu data diatas, kamu juga perlu tahu cara menggunakan Google Analytics dan istilah-istilah penting yang sering muncul. Berikut ulasannya.

1. Organizations 

Organization adalah fungsi dalam Google Analytics untuk mengelompokkan semua produk dan metrik yang diukur dalam satu “folder”. Melalui Organization, Kamu bisa menggunakan beberapa tools Google sekaligus seperti Google Tag Manager, Analytics, dan Optimize. 

2. Behaviour

Fitur behavior dalam google analytics adalah fitur yang dapat digunakan untuk melihat bagaimana interaksi pengunjung dengan halaman atau konten yang ada di website kamu.

Melalui fitur behavior, kamu bisa melacak menu apa saja yang sering dikunjungi pengguna dan menjadi landing page, melacak data perjalanan pengunjung selama berada di website, dan data kecepatan website menggunakan visual yang mudah dipahami.

Terdapat sub menu behavior flow, yang melaporkan seberapa besar engagement pengunjung dengan konten-konten yang ada di website kamu. Kemudian kamu bisa mengidentifikasi masalah apa yang menjadi penyebab engagement-nya rendah.

3. Pengunjung baru vs pengunjung lama

Kamu bisa mendeteksi jumlah visitor unik atau audiens yang baru pertama kali mengunjungi website-mu. Selain itu, kamu juga bisa tracking  jumlah visitor setia yang kembali mengunjungi website Kamu. Data-data yang muncul dapat membantu kamu untuk memetakan perilaku visitor baru dan visitor lama.

4. Bounce Rate

Bounce rate Google Analytics adalah persentase jumlah pengunjung yang meninggalkan website kamu setelah melihat satu halaman saja dan durasi visitor tersebut berada dalam lamanmu sangat singkat.

5. Engagement

Engagement menyajikan dua macam data, yaitu durasi sesi dan kedalaman halaman. Pada durasi sesi Kamu bisa mengecek jumlah sesi dan jumlah tayangan halaman untuk tiap rentang sesi, misalnya sesi 0-10 detik, 11-30 detik, 31-60 detik, dan seterusnya.

Kedalaman data atau page depth berfungsi untuk menyajikan berapa banyak halaman yang dibuka oleh visitor dalam satu sesi kunjungan.

Melalui analisis data yang disajikan oleh Google Analytics ini, kamu dapat mengambil keputusan yang cermat dan tepat sesuai data yang ada, sehingga bisa meningkatkan performa website atau bisnis kamu.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat SEO: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Google Analytics adalah salah satu fitur paling penting yang wajib dikuasi jika ingin fokus pada dunia digital marketing. Semoga dapat membantu kamu untuk analisis terkait keperluan kamu ya. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Lengkap Menggunakan Google Analytics dalam Dunia Digital

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Target audience merupakan kelompok konsumen khusus yang memiliki potensi tertinggi dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sasaran pasar atau audiens target ini harus menjadi fokus dalam kampanye periklanan Anda. Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar biasanya dapat didasarkan pada beberapa kriteria, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, socioeconomic status, […]
    Menjadi wirausahawan adalah impian bagi banyak orang. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk memahami perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Banyak yang mengira bahwa wirausaha dan kewirausahaan sebagai dua hal yang sama. Walaupun, wirausaha dan kewirausahaan adalah dua hal yang saling berkaitan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Penasaran apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Simak […]

    Trending

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]
    Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi yang disebut STP atau Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Terdapat tiga tahapan dalam pendekatan pemasaran tersebut yaitu segmentasi, targeting, dan positioning itu sendiri. Para pebisnis tentunya perlu mengetahui konsep dari segmentasi targeting positioning agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Apa itu Segmentasi, […]