1. Medsos

Apa Itu LinkedIn? Ketahui Fungsi & Cara Menggunakannya Juga!

Di fase dunia kerja, seseorang cenderung dituntut untuk lebih mandiri dan berani mengaplikasikan hasil belajarnya. Melalui LinkedIn sebagai salah satu platform media sosial yang ditujukan untuk mencari kerja, dapat membantu seseorang untuk membangun karir dengan menyertakan lampiran-lampiran dan memasarkan diri sehingga dapat dikenal dan membangun relasi dengan seseorang di dunia profesional. 

Bagi kamu yang masih belum mengetahui tentang LinkedIn, kamu dapat menyimak uraian lengkap tentang LinkedIn di bawah ini.

Apa Itu Aplikasi LinkedIn?

Aplikasi LinkedIn adalah salah satu bentuk kehadiran suatu aplikasi yang banyak digunakan satu ini. LinkedIn adalah aplikasi untuk membangun profil dalam dunia profesional. Sebagai jaringan profesional terbesar di dunia, Linkedin hadir sebagai salah satu platform media sosial yang ditujukan untuk mencari kerja. 

Dengan satu platform ini, seseorang dapat menemukan pekerjaan atau tempat magang yang tepat, menghubungkan, dan memperkuat hubungan profesional, serta mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk sebuah karir. LinkedIn adalah salah satu platform yang memudahkan penggunanya dengan dapat diakses melalui desktop, aplikasi seluler dan laman web seluler. 

Pada setiap profil yang dimiliki perorangan dapat berisi informasi seseorang mulai dari  cerita profesional yang unik melalui pengalaman, keterampilan dan juga pendidikan seseorang. Informasi-informasi tersebut berpeluang untuk diketahui dan menarik relasi di dunia kerja untuk keperluan profesional. 

Selain itu, LinkedIn adalah aplikasi untuk menyelenggarakan acara offline, bergabung dengan suatu kelompok, menulis artikel, memposting foto dan video, dan masih banyak lagi kegunaan unik dari aplikasi yang satu ini.

Manfaat Menggunakan LinkedIn

Manfaat Menggunakan LinkedIn (sumber: Pexels)
Manfaat Menggunakan LinkedIn (sumber: Pexels)

Dengan beragam kegunaan dan fungsinya, LinkedIn adalah platform yang dapat kamu andalkan untuk menunjang karir profesionalmu. Manfaat menggunakan LinkedIn antara lain:

1. Membangun Profil Profesional

Untuk memanfaatkan fitur deskripsi diri dan informasi diri, kamu dapat membangun profil kamu dengan mengisi data diri lengkap seperti foto, curriculum vitae, resume, portofolio, dan lain-lain. Informasi yang dapat dimuat di LinkedIn tersebut tidak harus banyak dan penuh, tetapi prioritaskan validasi akan informasi dan keterampilan tersebut.

2. Membangun dan Memperluas Koneksi

Koneksi dibutuhkan untuk karir yang sukses. Selain harus memiliki kesan awal yang baik, kamu juga harus memanfaatkan koneksi dengan cara membangun dan memperluasnya. Terlebih dengan LinkedIn, kamu mendapat kemudahan berinteraksi dengan banyak orang tanpa harus bertemu. 

Dengan berbekal profil profesional, kamu dapat mengenal latar belakang orang lain dan orang lain juga dapat mengenal kamu. Kamu dapat menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan ataupun yang bekerja di bidang yang sama.

3. Menjaga Hubungan dengan Relasi dan Teman Lama

Apabila kamu memiliki relasi lama yang ingin kamu hubungi untuk kerja sama atau urusan profesional lainnya, kamu dapat mencarinya di LinkedIn. Informasi mengenai relasi kamu juga dapat diakses lengkap melalui profilnya masing-masing. 

Selain dengan relasi lama, menjaga hubungan dengan relasi lain dengan cara sering berinteraksi dan aktif di LinkedIn adalah hal lain yang dapat kamu lakukan. Melalui fitur komen, like, share, hingga chat, kamu dapat tetap terhubung dengan relasi yang ada.

4. Memudahkan Mencari dan Melamar Pekerjaan

Kegunaan LinkedIn adalah tidak hanya mencari relasi. Namun mencari hingga melamar pekerjaan dapat kamu lakukan di LinkedIn. 

Hanya dengan satu kali klik, kamu dapat melihat sederet lowongan pekerjaaan dari perusahaan-perusahaan ternama dan perusahaan lain baik yang besar atau kecil. Hal ini sangat berguna mengingat tanpa dilakukan secara offline, kamu sudah dapat melamar pekerjaan melalui LinkedIn dengan berbekal data diri profil yang lengkap.

5. Membuka Kesempatan untuk Direkrut oleh Perusahaan

Beberapa eksekutif perusahaan juga memiliki LinkedIn yang mereka gunakan untuk keperluan profesional contohnya untuk mencari pekerja untuk direkrut di perusahaannya. 

Bermodal LinkedIn dengan data profesional yang lengkap dan memiliki keterampilan yang tepat, seorang eksekutif perusahaan bisa saja menghubungi seseorang untuk direkrut atau kerja sama. Maka dari itu, memperbarui profil data akun kamu merupakan hal yang penting agar para eksekutif perusahaan seperti ini dapat mengenalmu.

6. Memperlihatkan Keahlian dan Keterampilan

Selain mengisi profil dengan pengalaman dan pendidikan, menunjukkan keahlian dan keterampilan yang dimiliki dapat bermanfaat untuk memperlihatkan kelebihan kamu. Hal ini bermanfaat untuk membantu perusahaan atau orang yang membutuhkan pekerja dengan keterampilan tertentu memanfaatkan keahlian atau keterampilan tersebut. 

Selain itu dengan memperlihatkan keahlian dan keterampilan kamu dapat membuat kamu berbagi cerita dengan orang dalam bidang yang sejalur sehingga mampu membangun citra kamu menjadi lebih baik.

7. Mendapatkan Informasi dan Inspirasi Terbaru Mengenai Dunia Kerja

Sebagai salah satu tempat berbagi cerita dan pengalaman di dunia profesional, LinkedIn adalah aplikasi untuk mendapatkan akses informasi terbaru seputar dunia pekerjaan. Adanya fitur ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi dan inspirasi baru yang pastinya berguna untuk diketahui agar dunia profesional menjadi lebih baik lagi. Kamu dapat mengetahui informasi yang beredar sembari mengevaluasi dan mengembangkan diri agar mampu bekerja lebih baik lagi.

Cara Menggunakan LinkedIn

Apabila sudah cukup memahami apa itu dan LinkedIn dan kamu sudah mulai tertarik memanfaatkan fitur yang ada di LinkedIn namun belum mempunyai akun, kamu dapat mengikuti panduan dibawah ini. Dikutip dari laman resmi LinkedIn, berikut cara membuat akun LinkedIn:

1. Membuat Profil

Daftar dan buat profil kamu dengan mengisi data secara lengkap.

2. Membangun Koneksi

Tambahkan keluarga, teman, dan kolega ke koneksi LinkedIn kamu agar tetap terhubung. Selain itu, kamu juga dapat mengikuti pengguna lain, perusahaan, dan topik yang ingin kamu ikuti di LinkedIn.

3. Mencari Pekerjaan

Jika kamu seorang pencari kerja, kamu dapat menggunakan LinkedIn sebagai platform untuk meriset perusahaan dan menjangkau komunitas perusahaan. 

4. Berpartisipasi Dalam Percakapan

Untuk menjadi pengguna yang aktif, kamu dapat memanfaatkan fitur like, comment, share, dan posting di LinkedIn. Maksimalkan berinteraksi dan berpartisipasi aktif sesama pengguna LinkedIn adalah hal yang dapat kamu lakukan.

5. Membagikan Konten

Selain itu menghubungkan penggunanya satu sama lain, LinkedIn adalah platform yang juga dapat menjadi tepat mengedukasi dan membagikan ilmu dan pengetahuan atau sekedar pengalaman kamu ke para pengguna LinkedIn lain. 

Tips Menggunakan LinkedIn untuk Menunjang Karir

Tips Menggunakan LinkedIn (sumber: Pexels)
Tips Menggunakan LinkedIn (sumber: Pexels)

Setelah memiliki akun dan memutuskan untuk aktif pada platform pencari kerja satu ini, kamu perlu mengetahui apa saja tips untuk memanfaatkan akun LinkedIn secara efektif untuk menunjang karir kamu. 

1. Meningkatkan Potensi Profilmu Agar Dilirik Rekruter

Profil LinkedIn yang baik dapat membantu meningkatkan profil kamu sebagai kandidat pekerja yang baik yang biasanya diincar oleh sebagian besar perusahaan. Maka dari itu, melengkapi profil dan terus memperbaharuinya merupakan hal yang penting untuk menunjang karir kamu melalui LinkedIn.

2. Menunjukkan dan Menampilkan Keahlian

Tunjukan dan tuliskan keahlian yang dikuasai pada laman profil LinkedIn sehingga akan menjadikannya nilai tambah bagi profil kamu. Apabila keahlian kamu tersebut sudah dikenal orang-orang, banyak kesempatan kerja sama atau bekerja yang dapat datang kepadamu.

3. Meningkatkan Bukti Keterampilan

Tidak hanya menunjukan keterampilan saja, kamu dapat meningkatkan keterampilan tersebut agar dapat berkembang menunjang karir. Dengan adanya hal tersebut, kredibilitas kamu akan keterampilan tersebut akan semakin tinggi.

4. Mengikuti dan Mencari Tahu Tempat Kerja Impian

Kamu bisa mengikuti perkembangan sebuah perusahaan tempat kerja impian dan orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut dengan mengikuti profil perusahaan atau topik seputar perusahaan tersebut. Hal tersebut sangat berguna bagi kamu sebagai sumber informasi kamu mengenai perusahaan tersebut.

5. Bergabung dalam Komunitas dan Banyak Mengenal Orang

Menjaga hubungan relasi hingga bergabung dalam komunitas dapat menjadi sarana untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan, minat profesi, hingga bekerja dalam industri yang sama. LinkedIn adalah aplikasi yang memfasilitasi penggunanya dengan komunitas agar dapat melakukan diskusi dan mendapatkan insight dari topik terkait yang dapat meningkatkan pengetahuanmu.

Itulah informasi lengkap mengenai LinkedIn mulai dari kegunaan LinkedIn hingga cara membuat akunnya. LinkedIn adalah suatu platform tak hanya memungkinkan seseorang untuk terlibat dalam forum dan bergabung dengan komunitas, tetapi juga memudahkan untuk mencari kerja atau tempat magang secara efektif dan gratis. Selamat mencoba LinkedIn!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa Itu LinkedIn? Ketahui Fungsi & Cara Menggunakannya Juga!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Target audience merupakan kelompok konsumen khusus yang memiliki potensi tertinggi dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sasaran pasar atau audiens target ini harus menjadi fokus dalam kampanye periklanan Anda. Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar biasanya dapat didasarkan pada beberapa kriteria, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, socioeconomic status, […]
    Menjadi wirausahawan adalah impian bagi banyak orang. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk memahami perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Banyak yang mengira bahwa wirausaha dan kewirausahaan sebagai dua hal yang sama. Walaupun, wirausaha dan kewirausahaan adalah dua hal yang saling berkaitan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Penasaran apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Simak […]

    Trending

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]
    Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi yang disebut STP atau Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Terdapat tiga tahapan dalam pendekatan pemasaran tersebut yaitu segmentasi, targeting, dan positioning itu sendiri. Para pebisnis tentunya perlu mengetahui konsep dari segmentasi targeting positioning agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Apa itu Segmentasi, […]