1. IT

Apa itu NOC? Ketahui Definisi, Tugas, dan Peran Pentingnya!

Pesatnya perkembangan teknologi memberikan banyak sekali kemudahan dalam tata kehidupan manusia. Nah, salah satu bentuk perkembangan teknologi yang memiliki peran vital untuk memudahkan pekerjaan adalah NOC. NOC adalah istilah yang berkaitan dengan jaringan komputer. Jika Anda merupakan calon pengguna atau penyedia layanan pusat data, maka NOC adalah istilah yang penting untuk dipahami.

Oleh karena itu, Teknohacks akan membahas secara lengkap mengenai definisi NOC beserta peran pentingnya dalam suatu layanan pusat data guna memperkaya pemahaman dan pengetahuan Anda. Jadi, yuk langsung saja simak sampai habis artikel berikut!

Apa itu NOC?

Network Operation Center atau NOC adalah perangkat infrastruktur yang berguna untuk memonitor sebuah jaringan (network). Adapun kontrol yang dilakukan NOC adalah mengawasi, mengendalikan, dan mencatat segala aktivitas di sebuah jaringan yang sedang berlangsung.

Jadi, NOC merujuk pada suatu tempat terpusat di mana para IT perusahaan akan mengawasi, memantau, dan memelihara jaringan telekomunikasi. Biasanya, penyedia layanan pusat dana memiliki ruangan khusus untuk NOC, meskipun tidak semua perusahaan memilikinya. Ruangan tersebut dilengkapi dengan perangkat yang akan menyediakan visualisasi jaringan secara rinci.

Lebih lengkapnya, peran NOC adalah memberikan visibilitas secara penuh ke infrastruktur jaringan perusahaan beserta semua komponen dan peralatannya, termasuk:

  • Firewall 
  • Perangkat jaringan
  • Server
  • Sistem nirkabel
  • Database
  • Internet of Things (IoT)
  • Software
  • Virtual machines (VMs)

Tugas NOC

Dalam suatu perusahaan, NOC biasanya terdiri dari tim IT yang memiliki tugasnya masing-masing dalam mengawasi suatu jaringan.

Secara lebih rinci, berikut adalah beberapa tugas NOC:

  • Memantau dan melakukan pembaruan pada jaringan
  • Melaporkan kinerja dan kualitas lalu lintas jaringan
  • Menginstal dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan perangkat lunak
  • Menganalisis ancaman terhadap suatu jaringan
  • Menyimpan dan mencadangkan data
  • Melakukan penegakan kebijakan
  • Mengendalikan dan menjamin mutu
  • Mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah, anomali, dan ancaman sebelum hal tersebut memengaruhi operasi bisnis
  • Manajemen komunikasi
  • Manajemen firewall
  • Manajemen email

Baca juga: Mengenal Apa itu Website, Manfaat, & Cara Membuatnya 

Peran NOC dalam Suatu Layanan Pusat Data

Peran NOC dalam suatu layanan pusat data sangatlah krusial. Berikut beberapa peran penting NOC dalam suatu layanan pusat data:

1. Memonitor Kondisi Jaringan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, peran NOC adalah memantau dan mengawasi lalu lintas jaringan. NOC juga akan membantu mengenali, memeriksa, dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi pada suatu jaringan.

Biasanya, NOC digunakan pada suatu perusahaan yang menyediakan layanan internet untuk banyak pelanggan, contohnya ISP (Internet Service Provider). Oleh karena itu, peran NOC di sini adalah memonitor jaringan internet antar pelanggan dengan kantor operator. Dengan adanya NOC, maka kualitas layanan dan pengalaman pengguna pun akan meningkat.

2. Memastikan Jaringan Berfungsi dengan Baik

Tugas NOC adalah melakukan pengawasan pada suatu jaringan. Apabila sewaktu-waktu ada perubahan pada konfigurasi suatu jaringan, maka NOC-lah yang bertugas untuk mengontrolnya. 

Dengan demikian, tujuan NOC adalah untuk memastikan bahwa semua jaringan pada pusat data telah berfungsi baik sesuai standar yang telah ditetapkan. Jadi, selain kondisi jaringan, tugas NOC juga mencakup pengawasan kinerja dan sistem keamanan.

Perbedaan NOC dan SOC

Banyak orang sering kali menganggap bahwa NOC dan SOC (Security Operation Center) adalah hal yang sama. Namun, kedua istilah tersebut sebenarnya berbeda. Idealnya, setiap perusahaan memiliki NOC dan SOC. 

Meski demikian, pada kenyataannya, tidak semua perusahaan mampu melakukannya karena terkendala anggaran. Apalagi, perusahaan juga harus merekrut tenaga profesional yang bertugas pada kedua pusat operasi tersebut.

Adapun perbedaan SOC dan NOC adalah sebagai berikut:

1. Fungsi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, NOC bertugas untuk melakukan pengawasan dan pemeliharaan lalu lintas jaringan komunikasi suatu perusahaan. Sementara itu, SOC merujuk pada pusat komando untuk sebuah tim keamanan yang memantau, mendeteksi, dan melindungi perusahaan dari serangan siber.

Dengan demikian, NOC berfokus untuk memastikan jaringan komunikasi tetap lancar, sedangkan SOC lebih berorientasi pada insiden keamanan agar dapat memberikan tanggapan yang cepat terhadap suatu ancaman siber.

2. Manfaat

Adanya NOC akan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah pada jaringan secara lebih cepat. Sebab, NOC akan memantau situasi jaringan setiap saat. Jadi, perusahaan yang memiliki NOC akan bertanggungjawab atas adanya backup dan disaster recovery, sehingga dapat menjamin keberlangsungan bisnis jika terdapat masalah kehilangan data.

Lain halnya dengan SOC, yang lebih menekankan pada perlindungan dari ancaman siber secara terus-menerus. SOC akan melakukan pemantauan setiap saat pada semua kejadian dengan bantuan Security Information and Event Management (SIEM). 

Pemantauan ini akan memungkinkan deteksi dan tanggapan dini jika sewaktu-waktu ada ancaman yang muncul. Dengan adanya respon yang cepat, maka kerugian dari suatu insiden pun dapat diminimalisasi.

Baca juga: Apa Itu VPS? Yuk, Ketahui Definisi, Fungsi, dan Kelebihannya 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai definisi NOC beserta tugas, peran, dan perbedaannya dari SOC. Setelah membaca penjelasan di atas, apakah Anda telah memahami apa itu NOC dengan baik? Semoga penjelasan ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel Teknohacks lainnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa itu NOC? Ketahui Definisi, Tugas, dan Peran Pentingnya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]

    Trending

    Sebagai platform game digital populer di dunia, tentu sudah banyak game dari berbagai negara. Tentu, Indonesia salah satunya. Pada aplikasi Steam sudah menampung macam-macam permainan produksi developer lokal. Bahkan, berdasarkan data per-Januari 2024, Indonesia merupakan negara dengan distribusi  terbanyak se-Asia Tenggara sebanyak 256 games. Memangnya, ada game Steam apa saja yang di Indonesia? Banyak! Tapi, […]