1. Digital Marketing

Mengenal Lebih Dekat SEO: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

Situs web merupakan sebuah platform untuk mempromosikan berbagai jenis produk atau layanan di internet. SEO adalah salah satu dari sekian banyak cara untuk mengenalkan dan memasarkan produk atau bisnis Anda.

Pada hakikatnya, ada begitu banyak cara yang bisa Anda lakukan selain menggunakan SEO. Mulai dari search engine marketing, optimasi media sosial hingga berbagai macam cara lain dalam bidang pemasaran. Pada kesempatan ini, Teknohacks akan membahas seputar SEO. Mulai dari pengertian hingga manfaatnya. daripada penasaran, yuk simak informasinya berikut ini!

Pengertian SEO

pengertian search engine optimization
Pengertian SEO (sumber: Unsplash)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Jadi, definisi umum dari SEO adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi situs web agar menduduki peringkat teratas di search engine Google. Dengan menggunakan SEO, website Anda akan lebih mudah ditemukan dan nantinya akan berpotensi untuk mendatangkan lebih banyak traffic.

Mungkin hampir sebagian orang akan bertanya-tanya, dari sekian banyak search engine, mengapa harus memilih Google? Jawabannya sangat sederhana, yakni Google merupakan sebuah mesin pencari yang terpopuler bagi mayoritas pengguna internet.

Faktanya, setiap tahun ada sekitar 1,2 triliun pencarian melalui search engine Google. Maka, sudah tidak heran jika Google telah menguasai 90% pangsa pasar dari mesin pencari. Untuk itu, sampai saat ini, SEO Google cukup menentukan sebuah keberhasilan website. Dengan SEO yang oke, maka nantinya akan menjaring lebih banyak traffic.

Cara Kerja SEO

cara kerja search engine
Cara Kerja SEO (sumber: medium)

Untuk menunjang kinerjanya, Google memiliki sebuah tools yang bernama web crawler. Tools inilah yang membantu Google untuk mengumpulkan beragam bentuk konten di internet dan menyimpannya ke dalam database. Berikut adalah cara kerja SEO setelah penggunanya merilis atau memposting artikel di website.

  • Crawling: mengumpulkan dan menyimpan setiap halaman situs web yang baru rilis maupun yang baru diperbaharui.
  • Indexing: sebuah proses yang dilakukan oleh Google untuk mempelajari setiap struktur, kualitas dan relevansi konten website.
  • Ranking: setelah dua proses di atas sudah dilakukan oleh Google, berikutnya adalah menyusun daftar halaman situs web terbaik untuk menduduki peringkat tertinggi di hasil pencarian.

Jenis-Jenis SEO

jenis jenis search engine
Jenis-Jenis SEO (sumber: edaweb)

Optimasi SEO terbagi menjadi 3 jenis, yaitu on page, off page dan technical. Ketiganya mempunyai tujuan yang sama, yakni menaikkan peringkat website. Akan tetapi, fokus ketiga jenis SEO ini berbeda-beda. Berikut informasi lengkap tentang jenis-jenis search engine optimization.

1. On Page

On Page SEO adalah sebuah cara untuk mengoptimasi search engine pada bagian front end website. Selain itu, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan on page SEO, diantaranya:

  • Judul artikel.
  • Struktur artikel.
  • Permanent link (permalink).
  • Gambar artikel.
  • Kualitas artikel.
  • Keyword density.
  • Link internal.
  • Beberapa elemen SEO lainnya.

Dengan memanfaatkan jenis ini, artikel website Anda akan lebih mudah terindex oleh Google. Tentunya juga relevansi terhadap seluruh artikel akan meningkat bersamaan dengan meroketnya peringkat website Anda.

2. Off Page

Off Page SEO adalah salah satu usaha untuk mengoptimasi SEO dari luar website. Artinya, Anda harus membangun dan meningkatkan beberapa aspek dari off page SEO. Contohnya seperti link building, meningkatkan domain authority dan page authority, melakukan promosi dan memanfaatkan guest blog.

Dengan off page SEO yang kuat, nantinya Google akan yakin bahwa situs yang Anda buat sangat bermanfaat untuk orang lain. Hal ini akan berdampak positif bagi sebuah situs web. Sebab, kredibilitas dan ranking situs pun akan meningkat.

3. Technical

Technical atau teknik SEO adalah cara optimasi SEO dari dalam situs web. Secara umum, terdapat beberapa aspek yang harus Anda perhatikan ketika melakukan technical SEO, diantaranya:

  • Struktur web.
  • Sitemap XML.
  • SSL.
  • Navigasi dan layout website.
  • Dan masih banyak lagi.

Indikator Utama SEO

indikator search engine optimization
Indikator Utama SEO (sumber: 101red)

Indikator SEO adalah beberapa hal terkait SEO website yang dinilai oleh Google dalam membuat suatu keputusan. Artinya, indikator ini merupakan aspek yang harus Anda usahakan ketika melakukan optimasi.

1. Performa Website

Sejak tahun 2018, Google telah menetapkan bahwa performa website merupakan bagian dari salah satu indikator utama SEO. Menurut Google, performa terbaik pada suatu website adalah sekitar 2 detik. Lantas, bagaimana jika performa website terlalu lambat? Pada dasarnya, audiens itu tidak sabar menunggu dan mereka lebih memilih mencari website lain yang lebih cepat.

2. Struktur URL

URL adalah tautan yang berfungsi untuk mengantarkan audiens ke konten atau laman web tertentu. Dengan struktur yang sederhana, Google akan semakin mudah untuk memahami topik halaman web tersebut secara keseluruhan. Untuk itu, buatlah URL yang mengandung kata kunci utama dari laman konten Anda.

3. Backlink

Backlink dalam off page SEO adalah suatu tautan yang berasal dari website lain dan mengarahkannya ke website Anda. Maka, buatlah konten yang menarik serta relevan agar mendapatkan banyak backlink. Sebab, semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, maka semakin tinggi kredibilitas webnya.

3 Manfaat SEO Bagi Situs Web dan Bisnis

manfaat search engine optimization
3 Manfaat SEO Bagi Situs Web dan Bisnis (sumber: satudigital)

Setelah memahami indikatornya, Berikut terdapat 3 manfaat yang bisa Anda peroleh melalui SEO, diantaranya:

1. Mampu Meningkatkan Penjualan

Pertama, manfaat SEO adalah mampu meningkatkan penjualan. Melansir laman resmi Semrush, sebanyak 75% pebisnis menyatakan bahwa search engine optimization menghasilkan lebih banyak customer dibandingkan dengan channel pemasaran lainnya. Alasan utamanya adalah SEO bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas dan efektivitasnya pun tinggi.

Selain itu, dengan adanya SEO, traffic yang datang bisa Anda olah menjadi berbagai hal. Mulai dari pelanggan biasa hingga menjadi pelanggan potensial.

2. Dapat Menjaring Target Audiens yang Tepat

Tidak hanya membantu perusahaan dalam mengenalkan sebuah produk atau layanan saja, SEO juga memungkinkan untuk menjaring target audiens yang tepat. Alasannya adalah Anda dapat menentukan main keyword sesuai dengan search intent nya. Artinya, algoritma Google akan memberikan rekomendasi artikel yang tepat pada laman pencarian audiens.

3. Sebagai Investasi dalam Jangka Waktu yang Panjang

Manfaat terakhir SEO adalah sebagai investasi dalam jangka waktu yang panjang. Untuk mendapatkannya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa optimasi on page, off page atau bahkan technical SEO secara berkala, entah setiap bulan maupun setiap tahun.

Baca juga : Teknik yang Simpel & Efektif, Inilah Email Marketing

Bagaimana dengan penjelasan kali ini? Teknohacks harap, Anda semakin paham bahwa SEO adalah salah satu cara mengoptimasi situs web agar berada di posisi pertama Google. Demikian pembahasan ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjawab rasa penasaran Anda seputar dunia SEO.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Lebih Dekat SEO: Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Target audience merupakan kelompok konsumen khusus yang memiliki potensi tertinggi dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sasaran pasar atau audiens target ini harus menjadi fokus dalam kampanye periklanan Anda. Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar biasanya dapat didasarkan pada beberapa kriteria, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, socioeconomic status, […]
    Menjadi wirausahawan adalah impian bagi banyak orang. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk memahami perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Banyak yang mengira bahwa wirausaha dan kewirausahaan sebagai dua hal yang sama. Walaupun, wirausaha dan kewirausahaan adalah dua hal yang saling berkaitan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Penasaran apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Simak […]

    Trending

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]
    Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi yang disebut STP atau Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Terdapat tiga tahapan dalam pendekatan pemasaran tersebut yaitu segmentasi, targeting, dan positioning itu sendiri. Para pebisnis tentunya perlu mengetahui konsep dari segmentasi targeting positioning agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Apa itu Segmentasi, […]