1. Medsos

Snapgram & Instastory, Apa Perbedaan Serta Artinya?

Bagi pengguna Instagram, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah snapgram. Snapgram adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam aplikasi Instagram. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengabadikan seluruh aktivitasnya di media sosial.

Pada kesempatan ini, Teknohacks akan mengajak Anda untuk mencari tahu secara detail tentang mengenal Instagram, apa itu snapgram Instagram, fitur-fiturnya, dan cara menggunakannya. Mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Instagram & Instastory

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang memiliki pengguna dari berbagai penjuru dunia, khususnya Indonesia. Sedangkan, Instastory merupakan sebuah singkatan kata dari Instagram Story. Salah satu alasan mengapa disingkat menjadi Instastory adalah karena penyebutan katanya yang terlalu panjang.

Terdapat dua penyebutan dalam fitur tersebut, yaitu Instastory dan Instastories. Dengan demikian, ejaan yang pertama kali disebutkan oleh pihak Instagram adalah Instastories. Hal tersebut tidak menjadi masalah karena keduanya mempunyai makna yang sama, yaitu cerita.

Apa Itu Snapgram?

snapgram adalah
Apa Itu Snapgram? (sumber: Unsplash)

Sebelum membahas pengertian Snapgram secara lengkap, Teknohacks akan memberikan informasi mengenai arti snapgram. Snapgram berasal dari dua kata, yaitu Snap dan Instagram. Secara tidak langsung, Snapgram adalah kata lain dari Instastory.

Penyebutan kata Snapgram berawal dari Instagram yang meniru aplikasi Snapchat. Itu karena fitur yang dibuat oleh Instagram hampir menyerupai aplikasi tersebut.

Pada dasarnya, Snapgram adalah sebuah fitur dalam Instagram yang berfungsi untuk mengunggah foto maupun video yang hanya bertahan selama 24 jam. Apabila lebih dari waktu yang ditentukan, maka foto atau video tersebut akan hilang. Namun, user tidak perlu khawatir karena foto atau video yang sudah dibuat masih bisa dilihat melalui history Snapgram.

Tidak hanya itu saja, saat ini Snapgram bisa diakses melalui pc maupun laptop. Kemudahan yang diberikan Snapgram adalah salah satu solusi bagi penggunanya.

Fitur Dari Snapgram Atau Instastory

Fitur Snapgram adalah kumpulan dari beberapa komponen yang memiliki berbagai macam tugas. Snapgram sendiri memiliki beragam fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya. Salah satunya adalah fitur boomerang. Berikut ini merupakan rangkuman fitur Snapgram, di antaranya:

  1. Fitur cerita IG.
  2. Menentukan teman dekat agar bisa melihat cerita.
  3. Menambah atau mengedit warna pada IG.
  4. Mengunggah sebuah video.
  5. Mengupload suatu foto.
  6. Menambahkan dan mengedit tulisan.
  7. Konfigurasi penonton Snapgram.
  8. Menampilkan cerita selama 24 jam dan setiap pengguna dapat menyimpan Instastory ke dalam sorotan (highlight).
  9. Terdapat banyak filter.
  10. Memiliki fitur musik.
  11. Bisa membuat dan membalas tag.
  12. Menambahkan stiker toko online.
  13. Membuat video atau foto dengan stiker donasi.
  14. Tersedia fitur Q&A (question and answer).
  15. Dapat membuat polling Instagram.
  16. Bisa menambahkan stiker pendapat.
  17. Fitur lokasi yang terintegrasi dengan Google Maps.
  18. Ada fitur swipe up yang berguna untuk mengarahkan pengikut IG ke suatu halaman. Fitur tersebut bisa digunakan jika mempunyai 10 ribu followers.
  19. Pengguna bisa menambahkan stiker maupun gift.
  20. Instagram menyediakan fitur Spotify.

Bagaimana Cara Menggunakan Snapgram Instagram?

snapgram adalah
Bagaimana Cara Menggunakan Snapgram Instagram? (sumber: Unsplash)

Pada awal kemunculannya di akhir tahun 2016, banyak pengguna yang merasa bingung dalam penggunaannya. Untuk penggunaannya, user harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

  1. Perhatikan provider internet yang digunakan dan pastikan juga jaringannya selalu stabil.
  2. Pakailah smartphone yang mempunyai spesifikasi besar agar bisa menggunakan semua fitur Instastory.

Sebelum mencobanya, yuk simak beberapa langkah untuk cara menggunakan Snapgram Instagram di bawah!

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi IG di smartphone, lalu login dengan menggunakan username dan kata sandi yang sesuai.
  2. Klik logo kamera yang berada di pojok kiri atas atau geser halaman beranda ke arah kanan.
  3. Pada halaman cerita IG, user akan menemukan beberapa logo dan menu. Logo yang ditemukan pada halaman Instastory terdiri dari 5 jenis, yaitu:
  • Konfigurasi: icon tersebut berbentuk roda bergerigi yang berfungsi untuk mengatur cerita.
  • Silang: sesuai namanya, logo ini berbentuk X yang berfungsi untuk kembali ke halaman beranda IG. 
  • Petir: logonya seperti petir dan fungsinya sebagai pemberi cahaya ketika mengambil gambar.
  • Lingkaran besar berwarna putih: icon tersebut berfungsi untuk mengambil foto maupun video.
  • Sepasang panah: berfungsi untuk mengubah kamera yang aktif, misalnya menggunakan bagian depan atau belakang.

Terdapat beberapa menu yang tersedia pada SG, diantaranya:

  • Live: user dapat melakukan siaran langsung.
  • Normal: pengambilan foto dan video.
  • Boomerang: berguna untuk memberikan efek loop.
  1. Setelah memahami poin 1 sampai 3. Pengguna dapat mengambil foto maupun video yang akan dijadikan story. Bagi yang ingin mengunggah cerita ke IG melalui galeri smartphone, pengguna bisa swipe up layar dan pilih gambar.
  2. Edit gambar dengan memilih beberapa stiker. Setelah itu, tentukan cerita, apakah dibagikan secara publik atau privasi.
  3. Tunggu beberapa saat dan selesai.

Setelah selesai dibuat, bagaimana cara melihat Snapgram? Cara melihat snapgram adalah suatu hal yang sangat mudah dilakukan. Berikut ini Teknohacks telah merangkum beberapa cara untuk melihat SG.

  1. Buka cerita pada akun Instagram.
  2. Klik icon profil IG followers yang berada di bagian pojok kiri bawah.

Secara otomatis, IG akan menampilkan jumlah dan daftar pengikut yang telah melihat story.

Baca juga : Cara Mengganti Nama Facebook Praktis & Mudah [LENGKAP]

Dapat disimpulkan bahwa Snapgram dan Instastory merupakan hal yang sama. Berkat kehadiran fitur tersebut, Instagram semakin dikenal banyak orang dari berbagai belahan dunia. Tidak hanya itu, fungsi lain dari snapgram adalah sebagai tempat promosi bagi toko online, influencer, dan key opinion leader.

Demikian pembahasan kali ini terkait dengan Snapgram Instagram. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda seputar medsos.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Snapgram & Instastory, Apa Perbedaan Serta Artinya?

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Target audience merupakan kelompok konsumen khusus yang memiliki potensi tertinggi dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sasaran pasar atau audiens target ini harus menjadi fokus dalam kampanye periklanan Anda. Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar biasanya dapat didasarkan pada beberapa kriteria, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, socioeconomic status, […]
    Menjadi wirausahawan adalah impian bagi banyak orang. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk memahami perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Banyak yang mengira bahwa wirausaha dan kewirausahaan sebagai dua hal yang sama. Walaupun, wirausaha dan kewirausahaan adalah dua hal yang saling berkaitan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Penasaran apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Simak […]

    Trending

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]
    Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi yang disebut STP atau Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Terdapat tiga tahapan dalam pendekatan pemasaran tersebut yaitu segmentasi, targeting, dan positioning itu sendiri. Para pebisnis tentunya perlu mengetahui konsep dari segmentasi targeting positioning agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Apa itu Segmentasi, […]