1. IT

Mengenal Pengertian Steam, Fungsi, dan Cara Download

Nama Steam jelas sudah akrab di telinga Anda yang gemar bermain game. Sederhananya, platform ini merupakan salah satu wadah jual-beli game paling populer di dunia. Namun, apakah hanya sebatas itu? 

Pada kesempatan ini, Teknohacks akan menjawab rasa penasaran Anda mengenai apa itu Steam, kegunaan, serta cara download-nya secara lengkap. Simak penjelasan berikut.

Apa itu Steam?

Bagi para pecinta game, pasti Anda sudah mengetahui apa itu Steam. Software yang satu ini memang sangat dekat dengan kehidupan dan aktivitas dalam dunia permainan di seluruh dunia.

Steam merupakan suatu platform distribusi digital yang hadir khusus untuk para developer dan publisher game, serta gamers. Para developer mungkin mengartikan apa itu steam sebagai wadah penjualan dan pemasaran game. Sementara untuk pemain, platform ini menjadi tempat untuk membeli banyak game terbaru dengan mudah.

Boleh dikatakan, steam adalah platform jual-beli game paling besar sekaligus plaing populer di masa kini, bersaing dengan Epic Games, Origin, dan lainnya. Adapun sebagian besar pengguna menganggap Steam sebagai tempat terfavorit untuk mencari dan membeli game terbaru berkat aneka penawaran menarik yang diberikan.

Sejarah Singkat Steam

Gabe Newell, founder Valve (arover)

Perkembangan Steam dari awal sampai akhirnya Anda dapat mengenal apa itu Steam terjadi dalam proses yang panjang. Semuanya bermula dari developer game Valve Corporation yang mengalami kesulitan dalam update game online Counter Strike.

Bersumber dari masalah tersebut, Valve pun menciptakan Steam sebagai wadah yang memungkinkan berbagai game rilisan mereka dapat ter-update secara otomatis. Selain itu, pembuatan platform ini juga bertujuan untuk memasang kebijakan antibajakan dan anti-cheat untuk seluruh game buatan Valve.

Sampai akhirnya pada tahun 2002, aplikasi Steam untuk PC resmi diluncurkan dalam acara Game Developers Conference. Valve dan Steam mulai mendapat sambutan hangat untuk bekerja sama dengan perusahaan terkenal seperti GameSpy sejak saat itu.

Kini semakin banyak pula developer maupun publisher ternama yang meluncurkan game buatan mereka lewat platform Steam, membuat Steam berhasil meraih popularitas dan keuntungannya terkait penjualan game terbaik.

Kepopuleran tersebut juga terwujud berkat sejumlah faktor positif. Salah satunya prinsip antibajakan untuk mendukung kebiasaan membeli produk original yang membedakan apa itu Steam dengan platform lainnya. Dengan begitu, para developer serta publisher game di dunia bisa senantiasa bertumbuh sekaligus memperoleh hasil penjualan.

Fungsi Steam

Anda dapat menjumpai ratusan bahkan ribuan game gratis sampai berbayar yang bersifat online maupun offline dalam Steam. Di samping menjadi platform jual-beli dan download game, Steam juga berfungsi sebagai sarana diskusi (forum) bagi para gamers seantero dunia.

Namun, bagaimana kegunaannya untuk seorang developer? Pemahaman developer mengenai apa itu Steam jelas meluas pada fungsinya yang juga memungkinkan para developer dan publisher semakin optimis dengan penjualan game mereka. Penggunanya yang banyak jelas dapat membuat game baru cepat dikenal ke seluruh dunia.

Fitur-Fitur dalam Steam

Tampilan salah satu fitur Steam (rockpapershotgun)

Berbicara soal fitur, terdapat segudang hal menarik yang akan membuat Anda terpana dengan apa itu Steam. Apalagi, ada beberapa fitur dengan kelebihan yang tidak akan Anda peroleh di media serupa lainnya.

1. Game Library

Fitur yang satu ini memungkinkan Anda untuk melihat seluruh game yang telah sukses terbeli maupun terpasang pada akun Steam. Di samping itu, Game Library juga berfungsi untuk merekam segala aktivitas dalam game yang pernah Anda mainkan, seperti progress, item games, achievement, sampai durasi bermain.

2. Sharing Game

Kesamaan apa itu Steam dengan platform game lainnya yakni adanya mempunyai fitur sharing di mana pengguna bisa membagikan satu atau beberapa game ke library akun orang lain. Dengan begitu, mereka pun tidak perlu untuk membeli game tersebut lagi. Sebagai catatan, Anda cuma boleh membagikannya secara terbatas, yakni lima akun Steam serta sepuluh perangkat saja.

3. Steam Guard

Seperti namanya, Steam Guard merupakan fitur keamanan tambahan pada aplikasi Steam untuk menjaga seluruh data pengguna. Apabila mengaktifkannya, Anda wajib melakukan verifikasi terlebih dahulu ketika melakukan login akun Steam di perangkat lain.

Verifikasi akan membutuhkan email yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Prosesnya lebih kurang mirip seperti verifikasi dua langkah (two step verification) yang ada pada akun Google maupun aplikasi lainnya.

4. Gift Game

Cara memanfaatkan fitur ini ibarat membeli sebuah game. Sewaktu melakukan pembelian, Anda dapat memilih opsi purchase as a gift, kemudian cari teman atau orang yang ingin Anda berikan hadiah alias game tersebut.

5. Steam Cloud

Layanan Steam Cloud merupakan fitur bagi para pengguna untuk menyimpan keseluruhan progress game, khususnya game yang memiliki alur cerita. Data yang tersimpan bisa Anda bagikan kepada teman maupun dimainkan kembali lewat perangkat lainnya.

6. Steam Wallet

Layanan ini merupakan alat pembayaran berbentuk uang virtual untuk dapat berbelanja di Steam Store. Transaksi via Steam Wallet mencakup pembeli game maupun item game yang terdapat di Steam.

Cara Download Steam untuk PC

Langkah-langkah untuk melakukan download Steam PC sangatlah mudah dan efisien. Berikut Teknohacks rangkum caranya.

  1. Buka browser pada komputer atau laptop dan ketik http://store.steampowered/
  2. Klik tombol Install Steam Now di pojok kanan atas halaman layar
  3. Anda akan diarahkan menuju File Explorer untuk menyimpan unduhan Steam. Kalau sudah, buka file SteamSetup.exe dan klik dua kali untuk proses install.
  4. Klik Next dan pilih I Accept pada tampilan Steam Setup.
  5. Pilih Bahasa yang akan Anda gunakan. Sedikit saran, akan lebih baik untuk menggunakan bahasa Inggris (English) untuk mempermudah interaksi dengan platform ini.
  6. Pilih tempat di mana Anda akan menyimpan instalasi Steam, kemudian klik Install dan tunggu sampai selesai.

Apabila proses instalasi sudah rampung, maka aplikasi pun siap untuk Anda gunakan. Bagaimana, mudah sekali bukan proses Steam download?

Cara Menggunakan Steam

Ilustrasi login Steam (techcult)

Setelah menyelesaikan proses download, sekarang waktunya untuk langsung menggunakan Steam. Caranya juga tidaklah sulit, antara lain:

  1. Daftar akun Steam terlebih dahulu, atau jika sudah mempunyai akun, klik Login Steam.
  2. Klik menu Games dan pilih Activate a Product on Steam.
  3. Masukan serial key yang telah diperoleh, kemudian klik Continue.
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya yang muncul pada layar. Apabila sudah, proses download game akan langsung berjalan secara otomatis.
  5. Sesudah selesai, buka menu Library untuk menemukan game tersebut.

Catatan, pastikan Anda mengetik serial key secara manual alias jangan copy paste karena berpotensi menyebabkan error.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Steam, fungsi, sampai cara mengunduhnya. Kehadiran Steam jelas membantu banyak orang dalam mencari sekaligus mencoba sederet game yang ada. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Pengertian Steam, Fungsi, dan Cara Download

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Target audience merupakan kelompok konsumen khusus yang memiliki potensi tertinggi dan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, sasaran pasar atau audiens target ini harus menjadi fokus dalam kampanye periklanan Anda. Strategi pemasaran untuk mencapai target pasar biasanya dapat didasarkan pada beberapa kriteria, seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, socioeconomic status, […]
    Menjadi wirausahawan adalah impian bagi banyak orang. Namun, sebelum memulai usaha, penting untuk memahami perbedaan wirausaha dan kewirausahaan. Banyak yang mengira bahwa wirausaha dan kewirausahaan sebagai dua hal yang sama. Walaupun, wirausaha dan kewirausahaan adalah dua hal yang saling berkaitan, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Penasaran apa perbedaan wirausaha dan kewirausahaan? Simak […]

    Trending

    Industri game di Indonesia berkembang pesat, dengan banyaknya pemain dari berbagai usia  menjadikannya sebagai hobi sekaligus mengisi waktu saat senggang. Namun, hal ini mendapatkan pertanyaan apakah game tersebut terdapat titik kritis (indikator suatu kehalalan) oleh pihak terkait? Konsep “game halal” didefinisikan sebagai game yang tidak mengandung unsur-unsur terlarang dalam Islam, seperti judi, kekerasan berlebihan, pornografi, […]
    Dalam dunia digital marketing, terdapat strategi yang disebut STP atau Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Terdapat tiga tahapan dalam pendekatan pemasaran tersebut yaitu segmentasi, targeting, dan positioning itu sendiri. Para pebisnis tentunya perlu mengetahui konsep dari segmentasi targeting positioning agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini! Apa itu Segmentasi, […]